Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPD PA GMNI) Papua Barat Yosep Titirlolobi,S.H (foto:Ist/TN)

 5,530 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPD PA GMNI) Papua Barat Yosep Titirlolobi,S.H yakin pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong memiliki kewenangan berdasarkan aturan undang-undang bisa mengeluarkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) baru.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri (PN) Sorong mengabulkan permohonan Praperadilan dengan pemohon Selvy Wanma, Selasa (24/1/2023). Adapun yang menjadi termohon adalah Kejasaan Negeri Sorong.

Majelis hakim tunggal PN Sorong menggugurkan penetapan Selviana Wanma sebagai tersangka atas kasus dugaan tindak pidana korupsi proyek perluasan jaringan listrik tegangan rendah, dan menengah pada dinas Pertambangan dan Energi kabupaten Raja Ampat tahun anggaran 2010.

“Kejari bisa saja keluarkan Sprindik jika pengadilan negeri sorong membatalkan status tersangka Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat Selvi Wanma, “ujar Yosep, Rabu (25/1/2023).

Menurut Yosep, berdasarkan pengalaman-pengalaman yang sudah terjadi dalam dunia hukum, pihak Kejaksaan maupun Kepolisian yangkalah dalam Praperadilan selanjutnya pasti mengeluarkan Sprindik baru setelah menerima salinan putusan.

‘1000 Kali Selviana Wanma menang Praperadilan di pengadilan pun, 1000 Kali Kejari Sorong bisa mengeluarkan Sprindik baru untuk melakukan penyidikan terhadap Selviana, “kata Yoseph.

Oleh karena itu, ia yakin perkara dugaan korupsi proyek jaringan listrik bertegangan rendah di Kabupaten Raja Ampat yang merugikan negara sebesar 6,4 milyar itu akan dilanjutkan kembali oleh Kejaksaan Negeri Sorong.

“Apalagi dalam kasus korupsi jaringan listrik bertegangan rendah tersebut pengadilan Tipikor telah menjerat tiga orang terdakwa, dan mereka sudah divonis bersalah. Untuk itu sudah tentu kami memberikan dukungan kepada Kejari Sorong untuk mengambil langkah selanjutnya dengan mengeluarkan Sprindik baru,” ujar Yosep.

“Jadi keyakinan kami dalam waktu dekat pasti ada Sprindik baru yang dikeluarkan Kejaksaan untuk memeriksa Selvi Wanma kembali, Jadi tidak ada yang kebal hukum apalagi PT. Fourking Mandiri sendiri pemiliknya adalah SW sendiri, ” tambahnya.

Berita lain untuk anda

Kapolsek Kaureh Pimpin Evakuasi Warga yang Terendam Banjir

 2,652 kali dilihat 2,652 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Kapolsek Kaureh Jetny L.Sohilait mempin evakuasi warga…

Tidak Punya Surat Ijin Masuk Sorong , Tiga Penumpang Kapal Dipulangkan

 2,647 kali dilihat 2,647 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Tiga orang penumpang KM. Gunung Dempo Kamis (02/07/2020)…

Pemkot Ternate Potong Belanja Daerah Sebesar Ini

 2,592 kali dilihat 2,592 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – PJ Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang…

Gunakan Bom Ikan, 4 Nelayan Di Sorong Diamankan

 2,721 kali dilihat 2,721 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Tim Kapal Patroli KP. ANGGADA-7016 milik Mabes Polri.…

Kanwil Kemenag Ambon Ingkar Janji, Selisih Tukin Guru Hanya Dibayar Satu Tahun

 2,755 kali dilihat 2,755 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kota…

Oktober, Peringatan Dua Tahun Ambon City Of Music Digelar

 2,735 kali dilihat 2,735 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Ambon Music…

Pemkab Luwu Utara Gelar Bazar Pangan Murah

 1,995 kali dilihat 1,995 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga…

Ini Lima Timsel Anggota KPU Provinsi PBD

 17,342 kali dilihat 17,342 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG– Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah…

PB Esports Indonesia siap Mengeksebisi Cabor Baru di PON XX Papua

 2,586 kali dilihat 2,586 kali dilihat TEROPONGNEWS COM, JAYAPURA- Ketua Pelaksana Eksibisi Esports PON XX Papua,…

100 Set Hazmat Didonasi PMB Untuk Pemkot

 2,573 kali dilihat 2,573 kali dilihat Ambon, TN – Forum Maluku Berkarya (FMB) mendonasikan 100 set…