Polres dan Kejaksan Jayapura musnahkan barang bukti 2,7 Kg Narkoba jenis ganja di halaman Mapolres Jayapura, Rabu (10/2/2021)

 714 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,SENTANI- Polres dan Kejaksaan Negeri Jayapura musnahkan 2,7 Kg paket ganja hasil sitaan dari tahun 2020 hingga 2021 di halaman Mapolres Jayapura, Papua, Rabu (10/2/2021).

Pemusnahan barang bukti (BB) seberat 2,7 kilogram Narkotika jenis ganja tersebut dihadiri Kapolres Jayapura AKBP Dr Victor Macbon Dean Mackbon, SH, .SIK, MH, M.Si, Jaksa fungsional dan juga enam tersangka.

Dalam kondisi tangan terborgol, keenam tersangka memegang ganja yang sudah dipacking lalu memasukkan ke dalam tong yang sudah dibakar dengan kayu yang telah disiapkan sebelumnya untuk memusnahkan barang haram tersebut.

Kapolres didampingi Kasat Narkoba Polres Jayapura, dua orang perwakilan Jaksa dan sejumlah anggota polisi ikut membakar ganja yang sudah di packing tersebut.

“Jadi hari ini kami bersama dengan pihak Kejaksaan Negeri Jayapura melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis ganja seberat 2,7 kilogram,” kata AKBP Dr Victor Dean Mackbon, ketika dikonfirmasi wartawan usai pemusnahan barang bukti ganja tersebut.

Barang bukti itu diamankan dari enam (6) tersangka, dan 4 tersangka diantaranya masih da keterkaitan dalam satu kasus peredaran narkotika jenis Ganja di wilayah hukum Polres Jayapura.

“Pemusnahan barang bukti ganja tersebut agar tidak lagi disalahgunakan, dan pemusnahan barang haram itu juga dihadiri pihak Jaksa Kejaksaan Negeri Jayapura,” ucapnya.

Kapolres Victor Dean Mackbon menyebutkan, barang bukti yang dimusnahkan hari ini Narkotika jenis ganja seberat 2,7 kilogram merupakan hasil pengungkapan dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

“Pada kesempatan ini kami bersama dengan pihak Kejaksaan melaksanakan pemusnahan barang bukti ganja seberat 2, 7 kilogram hasil pengungkapan kasus jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura selama satu bulan terakhir Januari 2021 hingga Februari 2021,” beber Kapolres.

Sebelum dimusnahkan, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Negeri Jayapura. Selain itu, Kapolres Jayapura mengungkapkan, semua barang bukti tidak dimusnahkan, karena sebagian akan dijadikan sampel untuk dibawa ke pengadilan.

“Jadi sesuai dengan hasil koordinasi yang baik dengan pihak Kejaksaan, maka pemusnahan ini juga dilakukan dengan baik dan sesuai aturan barang bukti yang ada ini tidak bisa dimusnahkan semuanya. Sampelnya tetap disimpan dalam rangka untuk proses hukum selanjutnya di pengadilan,” katanya.

Dirinya juga menegaskan, enam (6) tersangka yang terbukti memiliki barang bukti Narkotika jenis ganja tersebut masing-masing dijerat dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2019 pasal 111. Menariknya, ada satu laporan polisi (LP) yang melibatkan empat orang tersangka dari 6 orang tersebut.

“Sehingga kami junto kan dengan pasal 55 KUHP atau adanya penyertaan dari modus yang dilakukan oleh kelompok jaringan tersebut,” pungkasnya.

Berita lain untuk anda

Satu PDP Covid-19 di Sulut Meninggal Dunia

 722 total views (dibaca)  722 total views (dibaca) Manado, TN – Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di…

Gubernur: UKIM Adalah Buah Tangan GPM di Dunia Pendidikan

 712 total views (dibaca)  712 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Gubernur Maluku, Murad Ismail mengaku, Universitas…

Pemprov Serahkan Rancangan KUA-PPAS APBD Perubahan Tahun 2021 ke DPRD

 798 total views (dibaca)  798 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyerahkan dokumen…

Kasat Reskrim Polres Merauke Rilis Keberhasilan Ungkap Lima Kasus

 720 total views (dibaca)  720 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kasat Reskrim Polres Merauke AKP Agus…

Anggaran Perjalanan Dinas OPD Ternate Dipangkas Tangani Covid-19

 774 total views (dibaca)  774 total views (dibaca) Ternate, TN – Selain sosialisasi kepada masyarakat, penyemprotan disinfektan…

Danny Minta Evaluasi Jika Pelayanan Satgas Detektor Kurang Maksimal

 735 total views (dibaca)  735 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Tim detektor Makassar Recover beroperasi ke…

Masa Jabatan Habis, Tiga Plt Pimpinan OPD Pemprov Sulsel Diganti

 751 total views (dibaca)  751 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – PLT Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi…

Anggaran Proyek Bandara Pitu Morotai Dikembalikan ke Pempus

 728 total views (dibaca)  728 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Anggaran senilai Rp 14 miliar untuk…

Tidak Sia-sia, Pengusulan Pengembangan Kopi Muting Diterima Dinas TPHP Merauke

 688 total views (dibaca)  688 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Guna mendapatkan dukungan dari Dinas Tanaman…

KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 akan Memperkuat Koarmada III

 793 total views (dibaca)  793 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Panglima Komando Armada III/ Pangkoarmada III Laksamana…