Berita

La Saniur: Penyesuaian Iuran Tak Masalah, Yang Penting Selalu Pastikan JKN-KIS Aktif

×

La Saniur: Penyesuaian Iuran Tak Masalah, Yang Penting Selalu Pastikan JKN-KIS Aktif

Sebarkan artikel ini
La Saniru (69), seorang peserta Program JKN-KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG SELATAN – Disesuaikannya iuran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk keberlangsungan program tak dirasakan dampaknya bagi La Saniru (69), seorang peserta Program JKN-KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ini. Menurutnya, keputusan yang sudah diperhitungan pemerintah dengan matang tersebut merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan keberlangsungan jaminan kesehatan yang baik serta lebih berkualitas untuk dirasakan masyarakat indonesia.

Ditemui di Kantor Kabupaten Sorong Selatan setelah melakukan pembayaran iuran JKN-KIS untuk 11 bulan ke depan, ia mengaku dijelaskan dengan baik oleh petugas BPJS Kesehatan agar dapat melakukan pengecekan keaktifan kepesertaan JKN-KIS tanpa perlu repot-repot ke Kantor BPJS Kesehatan. Dapat melalui layanan elektronik seperti aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500400.

“Setelah pembayaran, saya rencananya mau mengecek kepesertaan saya sudah masuk belum iurannya dengan langsung ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat. Tapi dijelaskan oleh petugas BPJS Kesehatan saya tidak perlu jauh-jauh ke kantor, bisa lewat layanan elektronik yang sudah disediakan BPJS Kesehatan. Saya juga diajarkan soal penggunaan aplikasi Mobile JKN, ternyata mudah,” ujarnya, Kamis (04/06).

Menurutnya, inisiatifnya dalam memastikan kepesertaannya aktif selama 1 tahun tersebut selain agar tidak menunggak iuran juga sebagai salah satu bentuk dukungan kepada Program JKN-KIS untuk ke depannya dapat terus ada dalam memberikan manfaat jaminan kesehatan bagi masyarakat sepertinya. Meskipun iuran JKN-KIS kini terjadi perubahan dari sebelumnya, ia mengaku tak mempermasalahkan hal tersebut.

“Saya hanya mau memastikan kepesertaan saya dan keluarga aktif terus, entah saya dalam keadaan sakit (membutuhkan) atau sehat. JKN-KIS ini program yang dibutuhkan masyarakat seperti saya, kegunaannya sangat besar. Dan untuk yang sehat, bisa dijadikan ladang amal saling membantu. Saya hanya berharap, semakin banyak peserta JKN-KIS lainnya khususnya diwilayah Kabupaten Sorong Selatan yang sadar pentingnya kepesertaan Program JKN-KIS ini selalu aktif,” jelasnya.

5025
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.