Ketua Gugus Tugas C-19 Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir,S.Sos.,M.M

 413 total views (dibaca)

Manokwari,TN- Terkait tersebarnya identitas lengkap pasien terpapar corona virus disease 2019 (COVID-19) dari Kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni dan Kota Sorong melalui media sosial, gugus tugas C-19 Papua Barat angkat bicara.

Juru bicara gugus tugas covid-19 Provinsi Papua Barat, dr Arnold Tiniap mengaku bahwa identitas 15 pasien terpapar virus corona disease 19 itu sangat lengkap, namun sumbernya bukan dari mereka.

Menurut Arnold Tiniap mengaku bahwa pihaknya pernah hanya memberikan nama pasien terpapar COVID-19 kepada beberapa orang yang dianggap jaringan tapi bersifat internal gugus tugas penanganan Covid.

Maksudnya untuk penelusuran atau kepetingan keamanan melalui jejaring yang dibentuk tim kesehatan dengan aparat keamanan dan informasi tersebut terbatas bukan untuk kepentingan publik.

Arnold menuturkan, diduga informasi identitas ini dikumpulkan dari beberapa sumber sehingga selengkap itu.

“Ada dua hal akibat dari bocornya data identitas pasien covid ke publik yaitu, jika masyarakat belum siap dengan identitas yang disebarkan itu maka terjadi kontra produktif bisa saja mereka (pasien) dikucilkan kemudian untuk upaya yang lain masyarakat tidak mau membuka diri untuk diperiksa, karena mereka takut kalau positif maka dipublikasikan identitas sehingga dikucilkan lagi” ujar dr Arnold Tiniap dalam keterangan persnya di sekertariat gugus tugas Covid-19 Papua Barat, Senin (27/4) malam.

Sedangkan Ketua gugus tugas COVID-19 Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir,S.Sos.,M.M menegaskan bahwa pihaknya akan menelusuri dan memproses penyebar identitas pasien terpapar C-19 Kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni dan Kota Sorong itu.

Derek mengatakan, mengacu pada alinea ke-empat pembukaan UUD 1954, kemudian UU RI nomor 24 tahun 2007 tentang bencana alam, UU RI nomor 36 tahun 2009 dan UU RI nomor 6 tahun 2018.

Regulasi ini mengatur tentang sila-sila prinsip kemanusiaan termasuk memberikan informasi untuk dipublikasikan karena berkaitan dengan hak azasi manusia (HAM) setiap orang, sehingga tidak boleh sembarangan menyebarkan identitas pasien.

Kepala BPBD Provinsi Papua Barat itu menegaskan bahwa sekelas Negara adikuasa Amerika Serikat hingga saat ini belum pernah WHO membeberkan nama warganya yang terpapar virus corona dipublikasikan.

Tetapi Papua Barat yang sekecil ini sudah mengekspos nama-nama pasien, cara-cara seperti begini lanjut Derek menjelaskan bahwa akan berdampak pada psikologi sosial, karena berkaitan dengan kestabilan daerah yang merupakan sistim dalam tata Negara indonesia.

“Dalam gugus tugas COVID-19 ada bidang penegakan hukum sehingga kami akan telusuri siapa yang menyebarkan identitas pasien covid itu, jika terbukti maka yang jelas kami tempuh jalur hukum, sesuai UU ITE” jelas Ampnir.

Kapolri, Jenderal Polisi Drs Idham Azis,M.Si menegaskan dalam maklumatnya bahwa tidak ada seorang pun menyebarkan indentitas pasien terpapar virus corona di media sosial, akan diproses hukum.

Berita lain untuk anda

Begal Yang Kerap Beraksi di Seputar Tembok Berlin Ditangkap

 594 total views (dibaca)  594 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Masyarakat Kota Sorong yang pernah mengalami tindakan…

Permudah Layanan, PLN Siapkan WhatsApp Untuk Lapor Meter Mandiri

 416 total views (dibaca)  416 total views (dibaca) Jakarta, TN – Sebagai upaya mencegah penyebaran wabah Virus…

Paino: Setelah Dialihkan ke Sistem Online, Banyak Data Penduduk yang Tidak Sinkron

 374 total views (dibaca)  374 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil…

Sairdekut: Pemprov Sementara Menyiapkan KUA-PPAS Tahun 2021

 416 total views (dibaca)  416 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus…

Angka Pengangguran di Sulsel Terus Meningkat

 387 total views (dibaca)  387 total views (dibaca) Makassar, TN – Lonjakan angka pengangguran di Sulawesi Selatan…

Hari Pertama Masuk Kerja, Kepatuhan ASN Merauke Masih di Bawah Standar

 432 total views (dibaca)  432 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan didampingi…

Hasil CPNS 2018 Segera Diumumkan, Kasihiw Minta Ada Batasan Waktu

 405 total views (dibaca)  405 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,BINTUNI- Pengumuman hasil tes calon pegawai negeri sipil (CPNS)…

Gempabumi 6.2 Magnitudo Guncang Maluku Tengah, Terasa Hingga Sorong

 430 total views (dibaca)  430 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Gempabumi dengan kekuatan 6.2 magnitudo, mengguncang wilayah…

HAKLI dan Unicef Gandeng Wartawan Edukasikan Penanganan C-19

 382 total views (dibaca)  382 total views (dibaca) Manokwari,TN– Unicef perwakilan Papua Barat bekerjasama dengan Himpunan Ahli…

Kasus DBD Hingga Maret 2020 Meningkat 46 Kasus

 470 total views (dibaca)  470 total views (dibaca) Kaiman, TN-Kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) dikabupaten Kaimana, pada…