Penandatanganan kesepakatan rancangan RPJMD Kabupaten Merauke 2021-2025. Foto-Getty/TN

 714 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam sidang paripurna DPRD Kabupaten Merauke terkait Rancangan Rencana Awal Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2025, Bupati Merauke Romanus Mbaraka mengatakan, esensi RPJMD tahun 2021-2025 masih menyangkut infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi, pendapatan perkapita dan pendapatan asli daerah.

Poin-poin tersebut menurutnya menjadi barometer pertumbuhan daerah Merauke yang harus diperhatikan guna mencapai target yang diharapkan.

Setelah dirinya melakukan evaluasi, pertumbuhan APBD Induk 2021 dari jumlah pendapatan yang ditetapkan yaitu satu triliun sembilan ratus sembilan puluh juta, untuk aspek pendapatan terdapat minus sekitar Rp 175 miliar.

“Memang pendapatan harus kita cermati saat kita pembahasan dengan pimpinan DPRD tentang recofusing anggaran dan juga persiapan APBD Perubahan bulan depan. Kita teliti, hampir semua sumber penerimaan daerah mengalami penurunan yang luar bisa. Kalau analisa saya, ini sesungguhnya bukan karena Covid-19 semata, tapi ada beberapa hal yang memang betul-betul akan kita bicara serius ke depan,” ujar Romanus di Ruang Sidang DPRD Merauke, Senin (16/08).

Hal penting yang dimaksud, diantaranya berkaitan dengan kewenangan seperti galian C maupun kehutanan. Terjadi pungutan yang tidak sesuai dengan ketentuan sehingga mempengaruhi sumber pendapatan daerah.

Bu

Kemudian, komunikasi untuk mendatangkan dana sektoral sangat penting bagi semua stake holder, intitusi pemerintah harus berperan aktif dan kerja sama-sama. Sehingga ke depannya ia berencana akan menempatkan pejabat yang berkualitas agar benar-benar mampu bekerja dengan lebih baik untuk daerah.

“Memang komunikasinya harus berjalan terus, agar tidak terputus antara daerah dengan provinsi dan ke pusat,” sambung Romanus.

Selanjutnya, laporan Panitia Khusus B terhadap RPJMD yang disampaikan oleh Anggota Komisi B, Johan Paulus menegaskan RPJMD Kabupaten Merauke 2021-2025 harus menguraikan rencana pemulihan setelah Pandemi Covid-19 terutama pemulihan sektor ekonomi dan sosial.

Disebutkan, perencanaan pembangunan mencakup lima pendekatan dalam seluruh rangkaian perencanaan, yaitu politik, teknokratik, partisipatif, top-down dan bottom-up.

“Diharapkan, penyusunan rancangan awal RPJMD mencakup, penyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD, penjabaran visi dan misi kepala daerah, perumusan tujuan dan sasaran, perumusan strategi dan arah kebijakan, perumusan program pembangunan daerah, perumusan program perangkat daerah dan KLHS,” ungkap Johan.

Sidang pripurna diakhiri dengan penandatanganan nota kesepakatan rancangan RPJMD oleh Bupati Merauke dan Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Ir. Benny Latumahina.

Berita lain untuk anda

MPH Sinode GPM Serahkan Bantuan Hewan Kurban ke Masjid Raya Al-Fatah

 6,066 total views (dibaca)  6,066 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode Gereja…

Kawasan CA Waigeo Barat Hutan Ramah Burung Sapokren dan Warkesi Dialihfungsikan

 701 total views (dibaca)  701 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Kawasan hutan Cagar Alam (CA) pulau Waigeo…

Tiga Paslon Bupati Keerom Hadiri Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2020

 676 total views (dibaca)  676 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KEEROM – Tiga pasangan calon (Paslon) Bupati dan…

Silahturahmi ke Ketua LMA Merauke, Danlanud DMA Minta Dukungan Kerjasama

 3,385 total views (dibaca)  3,385 total views (dibaca) TEROOONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebagai pimpinan baru, Komandan Lanud J.…

Ratusan Ekor Kambing Dibagi ke Kelompok Ternak di Kaltara

 706 total views (dibaca)  706 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan…

Jelang HUT RI, Pemkot Canangkan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

 182 total views (dibaca)  182 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT)…

Marketplace BajuBodo Masuk 10 Besar Untuk Tiga Kategori LKPP

 440 total views (dibaca)  440 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Baru sebulan lebih Marketplace Sulsel “BajuBodo”…

Wali Kota Akui Penyebaran Covid-19 di Ambon Meningkat Tajam

 696 total views (dibaca)  696 total views (dibaca) Ambon, TN – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku,…

Gubernur Sulsel: Kembalikan Kejayaaan Udang Sitto

 750 total views (dibaca)  750 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menegaskan,…

Tiga Orang Tewas Akibat Banjir dan Longsor di Kota Sorong

 732 total views (dibaca)  732 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Tiga orang di kota Sorong dilaporkan…