Petugas BP Jamsostek saat melakukan video call dengan peserta yang mengajukan klaim JHT. Ini adalah bagian dari Lapak Asik yang dijalankan selama pandemi wabah corona. (Foto:Ist/TN)

 420 total views (dibaca)

Sorong, TN – Selama wabah pandemic corona, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat, telah membayar klaim Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar Rp 2,3 miliar.

Penyelesaian pembayaran untuk 204 klaim atau pengajuan JHT itu, dilakukan melalui Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik). Ini adalah layanan yang dilakukan secara daring, yang menjadi protokol dalam mencegah penyebaran covid-19.

Kapala Kantor Cabang (Kakacab) BP Jamsostek Papua Barat, Mintje Wattu menjelaskan, pembayaran klaim JHT itu tercatat berdasarkan pengajuan sejak 23 Maret hingga 22 April 2020.

Menurut Mintje, selama tiga pekan lebih pihaknya menyelenggarakan Lapak Asik dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Jika ada kendala, pihaknya langsung aktif mengontak peserta untuk memberikan pengarahan.

”Misalnya jika peserta ada yang kurang lengkap persyaratannya, maka petugas kami langsung menghubunginya supaya cepat diproses lebih lanjut,” ungkap Mintje. 

Dari sejumlah testimoni peserta BP Jamsostek yang masuk, kata Mintje, mengaku lebih senang menggunakan Lapak Asik dalam mengurus klaim jaminan sosialnya.

”Sebab mereka tak perlu datang ke kantor cabang. Semua bisa dilakukan secara online, cukup dari rumah dana JHT mereka cair lewat rekening bank. Jadi layanan ini benar-benar tidak ada kontak fisik,” tandasnya. 

Secara terpisah, Direktur Pelayanan BP Jamsostek, Krishna Syarif mengatakan, BP Jamsosten terus berupaya memberikanan pelayanan terbaik,  meski di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

Pengajuan klaim JHT, kata Krishna, diprediksi akan semakin bertambah akibat dari Covid-19. Sebab banyak peserta yang ter-PHK dan kebutuhan ekonomi yang mendesak.

“Tapi kami telah mempersiapkan infrastruktur pelayanan untuk dapat mengakomodir pengajuan klaim JHT di tengah kondisi pandemi. Kami sudah menyiapkan Lapak Asik,” jelas Krishna, Rabu (22/4/2020). 

Melalui protokol Lapak Asik, peserta tidak perlu datang ke kantor cabang, cukup mendaftar via online. Hal ini selain mempermudah peserta, juga berdampak positif pada pemutusan rantai penyebaran virus.

Prosedur pengajuan klaim JHT menggunakan protokol Lapak Asik memiliki mekanisme dan tahapan yang lebih sederhana, namun tetap mengedepankan keamanan melalui konfirmasi validitas data peserta.

Tahapan Protokol Lapak Asik dalam mengajukan klaim JHT, peserta lebih dulu registrasi melalui situs antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id, kemudian pilih tanggal, waktu pengajuan, dan kantor cabang yang terdekat.

Krishna mengimbau agar seluruh peserta yang akan melakukan klaim JHT dapat mengikuti prosedur yang berlaku demi keamanan dan kenyamanan bersama. Hal ini dilakukan untuk menghindari pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini untuk melakukan tindakan fraud, seperti pencairan fiktif dana JHT.

”Kami memahami urgensi peserta dalam mengajukan klaim, tapi kami juga harus tetap menerapkan pelayanan sesuai standar yang berlaku, dengan tetap mengutamakan keamanan dana peserta,” kata Krishna.

Melalui Lapak Asik ini, ia berharap peserta BP Jamsostek untuk bersama-sama memahami dan mendukung program pemerintah dalam mencegah meluasnya Covid-19. “Apabila ada hal yang kurang berkenan, agar disampaikan melalui kanal informasi resmi kami yang tersedia,” cetus Krishna. **

Berita lain untuk anda

Ingin Dikonfirmasi Soal Hutang, Kadinsos SBB Mengelak

 457 total views (dibaca)  457 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Seram…

Merasa Terancam, Edo Kondologit Polisikan Salah Satu PAC PDIP kota Sorong

 462 total views (dibaca)  462 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC)…

Gubernur Kaltara: Stop Pengadaan Barang dan Jasa 2021!

 402 total views (dibaca)  402 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal…

Pemprov Sulsel Telah Kirim Berkas Pemenang Pilkada ke Kemendagri

 396 total views (dibaca)  396 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah…

Masyarakat Merauke Diingatkan Tidak Berpolitik Uang

 441 total views (dibaca)  441 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Mendekati hari hal Pilkada 9 Desember…

Nunggak Tagihan PLN, Listrik Di Kantor Disdukcapil Kota Sorong Padam

 409 total views (dibaca)  409 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Akibat menunggak tagihan listrik satu bulan, kantor…

TNI AL Gandeng UNIMUDA Sorong Laksanakan Serbuan Vaksinasi

 443 total views (dibaca)  443 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Komando Armada (Koarmada) III bersinergi dengan Universitas…

Ini Dukungan Hendrikus Mahuse Kepada Ketua DPD Partai Golkar Terpilih

 1,490 total views (dibaca)  1,490 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ketua Kesatuan Organisasi Gotong Royong (Kosgoro)…

Direktur RSUD Kaimana Sebut Pelayanan Rumah Sakit Sudah Berjalan Normal

 443 total views (dibaca)  443 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KAIMANA- Pasca puluhan tenaga kesehatan di RSUD kaimana,…

Akibat Covid-19, Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 Bersifat Terbatas di Kabupaten Sorong, namun Penuh Hikmat

 440 total views (dibaca)  440 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AIMAS- “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” itulah Thema sentral…