Gubernur Murad Ismail bertindak selaku inspektur Upacara dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI, di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (17/8). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Gubernur Maluku, Murad Ismail bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI yang digelar di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Senin (17/8).

Sementara itu, Letkol Inf. Davis Sutrisno Sirait yang adalah, Komandan Batalyon Infantri (Danyonif) 733/Raider Kodam XVI/Pattimura menjadi komandan upacara. Sedangkan Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury diberikan mandat untuk membacakan Naskah Proklamasi.

Untuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sendiri diembankan kepada Evangelio Siahaya dari SMK Negeri 6 Ambon, Petrus Andarias Dekok dari SMA Negeri 1 Ambon, dan Siti Nurbaihati Marasabessy dari Madrasah Aliyah (MA) Negeri Ambon.

Namun demikian, dalam upacara HUT Kemerdekaan di tahun 2020 ini, protokol kesehatan lebih dikedepankan, lantaran Maluku khususnya Kota Ambon, berada dalam masa pandemi Covid-19.

Peserta upacara hanya dibatasi sebanyak 250 orang, dengan tetap mengatur jarak tempat duduk, memakai masker, dan cuci tangan sebelum masuk ke lokasi upacara. Ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Sementara itu, dalam sambutannya Gubernur kembali mengingatkan masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon, untuk mematuhi protokol kesehatan. Dia mengaku, penyebaran Covid-19 di Kota Ambon sudah mulai bisa ditekan.

“Pada tanggal 19 Agustus nanti, kita juga akan merayakan HUT Provinsi Maluku ke-75. Untuk itu saya minta, masyarakat Maluku bisa sama-sama membangun Maluku ini. Tolong dukung saya, agar kita Maluku ini bisa keluar dari kesulitan-kesulitan dan kita harus bersyukur bahwa Pemerintah pusat mulai berpaling ke Maluku dengan dipanggil saya oleh banyak menteri terkait yang panggil saya Bappenas, menteri perhubungan, menteri PUPR, banyak menteri termasuk Pak Moeldoko,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda