Kepala Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Papua Barat, Otto Mayor. Foto ist/TN.

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Musibah banjir dan tanah longsor yang terjdi di kota Sorong Papua Barat beberapa waktu lalu mendapat tanggapan berbagai pihak, termasuk salah satu tokoh intelektual Papua Barat, yang juga adalah Kepala Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Papua Barat, Otto Mayor, Selasa (28/7/2020).

Otto Mayor, menyarankan solusi kepada Pemerintah kota Sorong dengan cara membangun Bendungan dalam kota untuk menampung air hujan, saat musim penghujan.

“Menyikapi persoalan banjir di kota Sorong beberapa waktu lalu, kami menyarankan supaya pemerintah kota Sorong membuat Bendungan dalam kota untuk menampung air hujan, saat musim hujan datang,” ujar Kepala Satpol PP Papua Barat itu.

Ia juga sarankan agar wali kota Sorong, Lambert Jitmau, membuat taman kota serta daerah resapan air dan menambahkan kanal buatan, hal ini merupakan salah satu solusi yang mungkin bisa mengurangi banjir di kota Sorong.

“Ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi banjir, karena ada Peraturan Mentri, yang mana dalam sebuah kota atau kabupaten, tidak boleh ada lahan kosong, untuk itu saya sarankan kepada wali kota Sorong untuk membeli lahan kosong yang ada di samping bank Papua dan juga di kilo sembilan untuk di jadikan taman kota yang mana di dalamnya ada Kanal untuk menahan atau menampung air,” tandas mantan Pejabat Bupati Fakfak itu.

Dikatakan, perlunya ada penataan kota yang baik. Menurut Mayor, banjir yang terjadi di kota Sorong merupakan tanggungjawab pemerintah daerah dalam hal ini wali kota Sorong, sebab yang paling penting harus dikerjakan oleh kepala daerah adalah melakukan antisipasi hal-hal yang menunjang kebutuhan masyarakat secara umum seperti, pemeliharaan jalan yang rusak, menyiapkan listrik yang memadai dan telekomunikasi, serta penanganan sampah dan banjir.(cep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda