Berita

250 Siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLII TNI AL Sorong Dilantik dan Diambil Sumpah

×

250 Siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLII TNI AL Sorong Dilantik dan Diambil Sumpah

Sebarkan artikel ini
Dankodiklatal, Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono saat memeriksa pasukan pada upcara pelantikan dan pengambilan sumpah siswa Dimaba dan Dikmata angkatan XLII 2022. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebanyak 250 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tantama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLII atau ke -43, tahun 2022 Satdik 3 Kodiklatal dilantik dan disumpah Rabu (27/7/2022).

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dipimpin oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal), Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono di Mako Armada III, Katapop, Kabupaten Sorong.

Dengan turut dihadiri oleh unsur Forkopimda kota dan kabupaten Sorong, TNI-Polri, stakeholder, dan orang tua siswa.

Upacara pelantikan dan penyumpahan 250 Siswa Satdik 3 Sorong ini terdiri atas Siswa Dikmaba laki-laki 85 orang Dikmaba Wanita 15 orang, dan Siswa Dikmata 150 orang.

Dankodiklatal, Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono berharap, pendidikan dasar prajuritan dan dasar golongan mampu meningkatkan jiwa keprajuritan para siswa sebagai Bintara dan tamtama TNI Angkatan Laut yang tanggap.

5025
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Serta memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindakan yang siap untuk dikembangkan dalam pendidikan dasar golongan lanjutan Selama 2 bulan kedepan sesuai dengan kejuruan masing-masing.

“Para siswa yang saya banggakan keberhasilan menyelesaikan pendidikan tahap dasar prajuritan dan tahap dasar Golongan ini tidak boleh membuat saudara-saudara terus larut oleh kebanggaan menjadi prajurit TNI Angkatan Laut. Meskipun sudah menyandang pangkat, status saudara masih sebagai siswa yang harus menyelesaikan semua tugas pendidikan dengan sebaik-baiknya,”jelasnya.

Dankodiklatal juga berpesan agar para siswa selalu mentaati peraturan yang berlaku serta semangat untuk mengikuti semua materi pelajaran yang diberikan agar mereka benar-benar menjadi prajurit angkatan laut yang tangguh, sertra serta siap melaksanakan penugasan di satuan-satuan ataupun di daerah operasi.

“Mereka memang saat ini sudah kita lantik san kita sumpah tadi sebagai prajurit TNI AL. Namun demikian mereka masih punya kewajiban selama dua bulan kedepan masih harus menyelesaikan pendidikan dasar golongan lanjutan, Yang mana mereka akan melaksanakan praktek-praktek khusunya di KRI dan akan menggunakan fasilitas yang ada di Koarmada III,”jelasnya.

Pantauan media ini, usai pelakssanaa para siswa Dikmaba dan Dimata angkatan ke-43 menampilkan tarian daerah Papua dan kolaborasi aktraksi yang memukau para tamu undangan dan orang tuanya yang hadir.