Wisata

FPN VI 2024, Dari Makan Ikan Gratis, Kesenian Hingga Tradisi Bhukere

×

FPN VI 2024, Dari Makan Ikan Gratis, Kesenian Hingga Tradisi Bhukere

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEES.COM, JAYAPURA – Pelaksanaan Festival Port Numbay Ke V akan berlangsung dari tanggal 26 – 28 April 2024 mendatang, resmi d buka oleh PJ Walikota Jayapura yang di Wakili Asisten 1 Evert Merauje.


Pelaksanaan Festival Port Numbay yang ke V ini, bakal menampilkan berbagai acara menarik di nantikan bakal menghibur pengunjung yang akan datang ke Kampung Yoka sebagai tuan rumah pelaksanaan FPN 2024 ini.


Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Benoni Mano dalam sambutannyan mengatakan kegiatan Festival Port Numbay ke V tahun 2024 sengaja di buat di Kampung, sebagai bagian dari bagaimana mengarahkan Wisatawan untuk ke Kampung sekaligus memperkenalkan kampung dan keunikannya.


” Ini Festival ke Lima, dari kami sudah mengunjungi beberapa kampung di Kota Jayapura untuk mempromosikan potensi kampung , Kampung Yoka dan waena tahun. Ini menjadi tuan rumah ke Lima FPN 2024,” Kata Benoni Mano pada pembukaan FPN 2024 di Kampung Yoka jumat, ( 26/4/2024).


Selain itu ungkap Mano ada beberapa acara menarik yang bakal di gelar, seperti Acara Makan Ikan Gratis, Tradisi Panen Ikan di Bhukere, Kesenian, dan Permainan tradisional serta Seni., dan lomba Dayung Tradisional, Tiktok, semuanya merupakan aset pariwisata Kota Jayapura yang telah terdaftar di Dinas Pariwisata Kota Jayapura.


” Potensi Tradisi Lokal akan menarik di sajikan, berbagai keberagaman, seperti Makan Ikan gratis Ambil, Bakar dan Makan sendiri akan di tampilkan ” ungkapnya.


Asisten 1 Evert Merauje mewakili walikota Jayapura mengatakan sebagai moto dari kota ke Kampung, Festival Port Numbay sebagai ikon melirik potensi Kampung , akan menampilkan tradisi budaya , adat istiadat Kesenian dan cerita rakyat .


Pemerintah Kota Jayapura sangat mendukung kegiatan FPN ini, dengan suport Dana Kampung, sehingga Dinas Pariwisata di harapkan mampu melirik potensi Pariwisata lokal sehingga dapat bersaing di pasaran Kota Jayapura.


” Dana Kampunh yang di gunakan dalam Festival ini harus berdampak langsung kepada masyarakat Kampung, Perputara Ekonomi Kampung harus terlihat dan terasa ” Jelas Asisten 1 Evert Merauje.


Asisten Satu bahkan meminta kepada Dinas Pariwisata dan Kepala Kampung agar membina kreatifitas pemuda untuk terus mempertahankan budaya sehingga menjadi nilai ekonomis dan daya jual melalui sektor pariwisata , selain itu kuliner dan tradisi juga harus di kembangkan menjadi nilai jual bagi masyarakat.


Ondofolo Kampung Yoka Riky David Mebri mengapresiasi pelaksanaan FPN 2024 , yang memberikan kepercayaan bagi kampung Yoka dan Waena, sebagai apresiasi bahwa Yoka dan waena merupakan bagian dari Kota Jayapura.


” FPN yang di laksanakan di Kampung Yoka menunjukan bahwa Heram, masih ada di kota Jayapura , lewat momen ini kita Jaga Kota Jayapura ” ujarnya.


Usai Opening Ceremony Festival Port Numbay V tahun 2024, di lanjutkan dengan atraksi tarian Budaya yang di bawakan oleh Masyarakat Adat dan Pemuda Pemudi Kampung Yoka.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD