Berita

Situasi Terkini Pelaksanaan Pemilihan di Papua Selatan Berjalan Lancar

×

Situasi Terkini Pelaksanaan Pemilihan di Papua Selatan Berjalan Lancar

Sebarkan artikel ini
Konferensi pers situasi terkini pemilihan di Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo menginformasikan bahwa secara umum situasi pelaksanaan pemungutan suara di wilayah Papua Selatan sementara berjalan kondusif.

Pernyataan tersebut berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan baik di TPS terdekat atau laporan dari TPS terjauh oleh petugas bahwa situasi berjalan aman dan proses pemilihan terpantau lancar.

“Kami sampaikan situasi terkini pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 di Papua Selatan berjalan lancar,” kata Apolo didampingi Forkopimda, Ketua KPU Papua Selatan Theresia Mahuze, dan Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Rabu (14/2/2024) di Desk Pemilu 2024 Papua Selatan kepada wartawan.

Untuk Papua Selatan terdiri dari 82 distrik, 690 kampung, dan 1.770 TPS. Dari total TPS yang ada sebagian sudah lebih cepat melakukan penghitungan suara karena partisipasi masyarakat datang lebih awal untuk memilih.

“Forkopimda sudah melaksanakan monitoring di beberapa TPS dan proses pelaksanaan pemungutan suara berjalan tertib dan berharap berakhir dengan baik hingga penghitungan suara secara berjenjang,” kata Apolo.

5180
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Bupati Merauke Romanus Mbaraka menambahkan, untuk Kabupaten Merauke situasi sangat kondusif karena di dukung rakyat yang terbiasa hidup tertib datang ke TPS. Kembali Romanus sampaikan harapannya agar tingkat partisipasi masyarakat di atas 90 persen.

Selain itu, Romanus sebut ada beberapa hal teknis terjadi di TPS namun dapat diatasi penyelenggara. Sedangkan peralihan TPS, mudah-mudahan tidak menyurutkan semangat pemilih karena biasanya memilih di TPS yang sama, tahun ini bergeser di TPS lain.

“Kami berharap sampai penghitungan suara kondisi kita di Kabupaten Merauke dan Papua Selatan pada umumnya berjalan baik. Yang paling kita harapkan adalah kita damai,” ucap Romanus.

Sebagai penutup, Pj Gubernur Papua Selatan mengimbau kepada seluruh ASN, TNI dan Polri untuk tetap mendukung penyelenggara agar semua proses berjalan sesuai harapan dengan tetap menjaga netralitas.