Berita

Linda Nurani: Vitamin A Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

×

Linda Nurani: Vitamin A Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Sebarkan artikel ini
Penjabat Ketua TP PKK Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, melalui puskesmas dan posyandu gencar memberikan vitamin A kepada balita, guna mencegah stunting. Pemberian Vitamin A dicanangkan pada Februari dan Agustus.

Penjabat Ketua TP PKK Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah mengatakan, Vitamin A merupakan sumber nutrisi yang sangat bagus, dan dibutuhkan pada masa pertumbuhan balita.

“Vitamin A ini sangat penting untuk tumbuh kembang balita yang esensial pada pertumbuhan untuk imunitas. Ini betul-betul penting salah satunya untuk kita mempersiapkan generasi yang hebat,” katanya kepada wartawan, di Bandung, Kamis (29/2/2024).

Sebelumnya, Linda Nurani Hapsah telah melakukan Monitoring dan Pemberian Vitamin A di Posyandu Cempaka RW 09, Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Rabu 28 Februari 2024.

Linda menuturkan, jika balita kekurangan Vitamin A, maka dapat terjadi berbagai risiko serius terhadap kondisi kesehatan anak, mulai dari gangguan penglihatan, kerentanan terhadap infeksi, serta stunting.

5180
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Untuk mengantisipasi risiko tersebut, pemerintah memprogramkan pembagian Vitamin A melalui posyandu, untuk memastikan anak-anak tumbuh sehat dan cerdas.

Menurutnya, pemberian vitamin A penting dalam tumbuh kembang anak. Pemberian vitamin A adalah, salah satu pelayanan intervensi spesifik bidang kesehatan dalam rangka pencegahan stunting.

“Bayi dan balita itu adalah aset kita di masa depan, untuk pembangunan kita. Saat ini kita punya bonus demografi dengan adanya bayi balita anak-anak yang kelak di tahun 2045, generasi gen Z yang akan memegang tampuk pimpinan,” ujarnya.

Di momen Hari Gizi Nasional ini juga Linda mengingatkan, dalam masa tumbuh kembang bayi dan balita dipastikan mendapatkan menu sehat yang beragam dan bergizi seimbang, agar menghindari anak dari jerat Stunting.

“Tolong diperhatikan oleh para orang tua untuk menyiapkan menu sehat di rumah, menu beragam bergizi dan seimbang. Menjadi penting bagi balita mendapatkan makanan, dengan kelengkapan gizi seimbang. Puskesmas harus gencar mengedukasi, dengan memperhatikan kebutuhan dasarnya,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan angka prevalensi stunting pada tahun 2024 sebanyak 14 persen. Adapun pada 2023 lalu, Pemkot Bandung menargetkan prevalensi stunting sebesar 17 persen.

Sementara itu, Camat Mandalajati, Yati Sri Sumiati mengatakan, pihak kewilayahan bersama dengan para kader PKK, posyandu serta Puskesmas terus gencar melakukan berbagai program dalam intervensi penanganan stunting.

“Walaupun mungkin masih ada, tapi mudah-mudahan kami bisa menekan seminimal mungkin kasus-kasus stunting, yang ada di wilayah Kecamatan Mandalajati,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Penyerahan simbolis Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Posyandu dari PJ Ketua PKK Kota Bandung kepada Ketua Posyandu Cempaka, serta penyerahan buku anak PAUD.