Berita

Dinas PUPR Keruk Gulma dan Sedimen Lumpur di Situ Pengarengan

×

Dinas PUPR Keruk Gulma dan Sedimen Lumpur di Situ Pengarengan

Sebarkan artikel ini
Satgas DPUPR Kota Depok melakukan pengangkatan sedimen lumpur dan gulma di Situ Pengarengan, Kecamatan Sukmajaya. Foto-DPUPR Depok/TN

TEROPONGNEWS.COM, DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok rutin melakukan pembersihan gulma dan pengangkatan sedimen lumpur di Situ Pengarengan, Kecamatan Sukmajaya. Pembersihan dilakukan dengan dibantu alat berat berupa truxor.

“Kami lakukan pembersihan atau normalisasi rutin. Karena khawatir sampah nyangkut di jaring, sehingga berdampak pada saluran outlet yang tersumbat,” kata Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty kepada wartawan, di Depok, Kamis (11/1/2024).

Dikatakannya, saluran outlet yang dimaksud adalah sodetan samping Tol Cijago ke arah Kali Sugutamu. Adapun Satuan Tugas (Satgas) yang dikerahkan yaitu, satu regu dengan total 10 personel.

Menurutnya, alat berat akan digunakan sampai semua gulma terangkat. Termasuk alat pemotong rumput juga digunakan, untuk membersihkan areal Situ Pengarengan.

“Perlu diketahui, gulma tumbuh lebih cepat, sehingga diperlukan penanganan lebih serius,” ungkapnya.

Setelah diangkat, lanjutnya, gulma dan sampah akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Satu unit truk disediakan untuk pengangkutan gulma dan sampah.

“Sementara kami fokus untuk mengangkat gulma. Setelah bersih, kita akan lakukan normalisasi secara keseluruhan,” tandas Citra.