HukumPemerintahan

Abdullah Hehamahuan Minta KPK Usut Kepemilikan Tanah Milik Astel Kejati Jabar

×

Abdullah Hehamahuan Minta KPK Usut Kepemilikan Tanah Milik Astel Kejati Jabar

Sebarkan artikel ini
Gedung KPK RI Jakarta, Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Mantan Penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abdullah Hehamahua, meminta kepada komisi antirasuah untuk segera mengusut kepemilikan belasan tanah milik Asisten Intelijen (Astel) Kejati Jabar, Zullikar Tanjung yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia.

“KPK harus mengusut mengenai perolehan tanah. Sebab mayoritas kekayaannya berasal dari tanah,” kata Abdullah saat dimintai tanggapan mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2023, milik Jaksa Zullikar Tanjung, Sabtu (13/1/2024).

Sebab Abdullah menduga, mengapa setiap mendapat penugasan di setiap daerah Jaksa Zullikar kerap membeli tanah. “Apakah murni dia peroleh karena membeli dengan gaji sendiri atau hadiah dari orang lain?. Jika dibeli dengan gaji, berapa gajinya?” tanyanya.

Asisten Intelijen (Astel) Kejati Jabar, Zullikar Tanjung.

Ia melanjutkan, setelah diketahui hasil kekayannya, KPK akan melakukan klarifikasi apakah peroleh tanah tersebut berasal dari gratifikasi atau tidak.

“Jika dia seorang jaksa karier maka jumlah tanah yang banyak itu, tidak wajar,” pungkas Abdullah.

5180
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Berdasarkan informasi dalam LHKPN Jaksa Zullikar, yang bersangkutan membeli belasan tanah dari hasil sendiri di sejumlah daerah.

Sebut saja misalnya, di Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Rantau Prapat Sumatra Utara.

Ada pula di Kota Bekasi, Kota Depok Jawa Barat. Dan di Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur. Jika ditotal nilai keseluruhan tanah Jaksa Zullikar mencapai Rp2,4 miliar lebih.

Kini nama Jaksa Zullikar Tanjung mencuat ke publik, karena ulahnya mengusir sejumlah pewarta saat Rakernas Kejaksaan RI di kawasan Sentul Kabupaten Bogor, pada Senin 8 Januari 2024. (Sofyan Hadir)