Berita

Caleg DPR RI Dapil PBD, dr Felix Duwit Komitmen Wujudkan Pelayanan Kesehatan Yang Baik

×

Caleg DPR RI Dapil PBD, dr Felix Duwit Komitmen Wujudkan Pelayanan Kesehatan Yang Baik

Sebarkan artikel ini
Calon Anggota Dwan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Papua Barat Daya, dr Felix Duwit, Sp.PD., M.Sc,. MPH,. FINASIM, Foto Hizkia/TN.

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Papua Barat Daya dr Felix Duwit dari Partai PAN nomor urut 2 beberkan alasan kesehatan di Papua Barat Daya memprihatinkan sehingga dirinya mencalonkan diri masuk kursi DPR RI melalui Partai PAN.

“Jujur saja, derajat kesehatan masyarakat papua sangat memprihatinkan hal ini membutuhkan keseriusan Pemerintah Pusat hingga daerah, dan ini harus serius melihat sektor kesehatan,” ucap dr Felix Duwit.

Diketahui DPD Partai PAN Raja Ampat bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya menggelar kegiatan bakti sosial dibidang pelayanan kesehatan melalui pengobagan massal gratis bagi warga Waisai Raja Ampat Sabtu (13/01/ 2024).

Sebagai Dokter spesialis penyakit dalam, dr Felix Duwit menyebut kegiatan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan tersebut lebih kepada pemeriksaan Screening terhadap faktor resiko yang menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Dalam kegiatan bakti sosial ini, kita khususkan pelayanan kesehatan, jadi ada pemeriksaan Screening terhadap faktor resiko yang menyebabkan penyakit jantung dan pembulu darah, Screening adalah sejumlah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Pemeriksaan ini penting karena bisa membantu mendeteksi penyakit lebih dini, sehingga pengobatan bisa segera dilakukan,” beber dr Felik.

“Sebagaimana kita ketahui seseorang itu ketika merasa sakit jantung dan stroke baru datang ke rumah sakit hal ini karena faktor resikonya ini tidak terscreening atau tidak ditemukan sejak awal sehingga kita mengobati faktor resikonya supaya tidak terjadi komplikasi yang berhubungan dengan penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal yang memerlukan cuci darah, kejadian yang terjadi saat ini seperti itu,” sambungnya.

Selain itu, kata dia. Tim dokter bedah juga melakukan pelayanan dibidang bedah berupa sunat massal yang mana hingga pukul 12:00 WIT sudah 15 orang anak yang melaksanakan sunat massal, Tim Dokter menargerkan lebih dari 30 orang yang kita bisa sunat hari ini. Ada juga dokter kandungan yang melakukan pemeriksaan terhadap ibu-ibu hamil dan masalah lain yang berhubungan dengan sistem reproduksi.

Calon Anggota DPR RI Dapil Papua Barat Daya dari Partai PAN itu menjelaskan Tim Dokter yang tergabung dalam kegiatan pengobatan massal gratis itu terdiri dari 30 orang yang terdiri dari dokter spesialis menyakit dalam, dokter bedah, dokter kandungan bersama perawatnya didatangkan lengkap dari RSUD Kabupaten Sorong dan RSUD Selebesolu Kota Sorong.

Mantan ASN itu menyebut kesehatan bagi setiap orang sangat penting, untuk itu dilakukan pencegahan sedini mungkin. Bagi dr Felix Duwit pendekatan kebijakan dalam sektor pembangunan kesehatan harus dilakukan dari hulu ke hilir, artinya harus mencegah sebelum sakit, jangan tunggu sakit baru ke Rumah Sakit.

“Satu hal yang kita sampaikan untuk masyarakat bahwa kesehatan sangat penting untuk kita berharap masyarakat ini jangan sakit baru ke rumah sakit, nah ini membutuhkan satu pendekatan kebijakan dalam pembangunan sektor kesehatan, dimana pelayanan kesehatan itu kita harus lakulan dari hulu ke hilir, artinya kita harus mencegah, jangan orang itu sudah sakit, sudah terkomplikasi yang berat dan butuhkan pelayanan serius baru ke rumah sakit,” kata Dokter spesialis penyakit dalam asal papua itu.

Perihal kesehatan memberikan satu warning bagi kita semua bahwa pelayanan kesehatan harus dilakukan pencegahan secara dini dan pengobatan sedini mungkin, jangan tunggu sampai organ-organ tubuh kita ini mengalami gangguan baru kita mulai berobat. Mudah-mudahan dengan kegiatan pencegahan pelayanan hari ini menggugah hati Pemerintah Daerah sebagai pengambil kebijakan pelayanan kesehatan.

Berpengalaman di bidang spesialis penyakit dalam selama 30 tahun, dr Felix Duwit mengatakan sebagai dokter profesi tersebut mengambil peran pasif. Artinya siapa datang kami layani, namun bukan itu yang diinginkan harus ada langkah-langkah proaktif untuk mencegah agar orang tidak sakit. Nah ini ada pada ranah kebijakan Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan, Pemerintah Provinsi hingga Kabupaten/Kota, jika masyarakat Paua Barat Daya memberikan kepercayaan maka saya akan masuk ke ranah yang bagian dari kesehatan ini.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD