Berita

Harga Cabai di Kota Ambon “Meroket”, Ini yang Dilakukan Pemkot

×

Harga Cabai di Kota Ambon “Meroket”, Ini yang Dilakukan Pemkot

Sebarkan artikel ini
TPID Kota Ambon, saat menggelar Operasi Pasar, di Pasar Mardika, Senin (20/11/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Akhir-akhir ini harga cabai di Kota Ambon”meroket”, atau mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Untuk mengantisipasinya, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar Operasi Pasar, di Pasar Mardika, Senin (20/11/2023).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Josi Loppies mengaku, apa yang dilakukan bertujuan untuk mengintervensi harga cabai rawit di pasaran mencapai Rp 100-Rp 110 ribu per kilogram (Kg).

“Kita mencoba melakukan negosiasi dengan pedagang di Pasar Batu Merah, sehingga kita ambil Rp 95 ribu/kg, dan kita lepas dengan harga Rp 70 ribu/kg, dibawah harga pasar. Itu artinya, Pemkot Ambon subsidi Rp 25 ribu,” ucapnya kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, usai melakukan peninjauan.

Menurutnya, kenaikan harga cabai rawit disebabkan kekurangan produksi dari petani di Ambon, sehingga harus diambil dari luar Kota Ambon, seperti dari Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Pulau Buru, bahkan hingga Makassar.

“Jadi stoknya memang kurang. Dan kalau ada, biasanya pedagang juga pintar karena mereka menjual ke tempat lain di luar Kota Ambon, sehingga membuat harga di pengecer makin tinggi,” beber Loppies.

Operasi Pasar yang dilakukan pihaknya, lanjut Loppies, akan berlangsung satu minggu ke depan, guna membantu menstabilkan harga.

Tidak hanya cabai rawit, namun bahan-bahan pokok lainnya juga turut disubsidi pemerintah, agar masyarakat dapat membeli dengan harga murah, yakni dibawah harga pasar.

“Tentunya kita akan lakukan kerjasama dengan Bulog dan distributor lainnya, sehingga operasi pasar ini dapat terus diselenggarakan,” tandasnya.

Untuk diketahui, selain Cabai Rawit, bahan kebutuhan pokok yang dijual dalam Operasi Pasar yang digelar antara lain, Beras Bulog Premium dengan harga Rp 55 ribu, Gula dengan harga Rp 12 ribu/Kg, Minyak Goreng dengan harga Rp 14 ribu/Kg, Telur dengan harga Rp 50 ribu/rak, Bawang Putih dengan harga Rp 30 ribu/Kg, Bawang Merah dengan harga Rp 20 ribu/Kg, serta Cabai Keriting dengan harga Rp 40 ribu/Kg.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD