BeritaDaerahPemerintahan

Pemko Padangsidimpuan Tabur Ribuan Benih Ikan pada 6 Lubuk Larangan

×

Pemko Padangsidimpuan Tabur Ribuan Benih Ikan pada 6 Lubuk Larangan

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM, PSP – Penjabat Walikota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, Hamdan Sukri Siregar, S.Sos, MM melakukan restocking/penyebaran 13.500 ekor benih ikan jurung di lubuk larangan Desa Pudun Jae, Kec. Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan, Selasa (7/5/24).

Hadir dalam acara itu,Ketua DPRD Siwan Siswanto, Kadis Pertanian Edi Darwan Harahap, kadis Ketahan Pangan Ir. Chairunnisa, Camat Padangsidimpuan Batunaduan Antony para Kepala Desa, Tokoh Adat dan Masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Pj. Walikota Letnan mengucapkan terimakasih atas bantuan benih ikan untuk menjaga ekosistem perairan dan kearifan lokal di Kota Padangsidimpuan.

Menurutnya, menabur benih ikan berarti ikut menjaga kearifan lokal yang ada serta membantu ekosistem dan mendorong perekonomian dimasyarakat.

“ini merupakan habitat alam, yang kita butuhkan hanya komitmen bersama untuk mejaga dan mengelolanya dengan baik, dengan sinergi dan kolaborasi yang baik, kedepan kita dapat memaksimalkan potensi yang ada di Padangsidimpuan dan tentunya bantuan seperti ini diharapkan dapat digulirkan secara berkesinambungan” ucap Pj. Walikota Letnan.

Sementara itu, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara Hamdan Sukri Siregar menyampaikan bahwa ada 2,3 juta benih ikan yang ditabur se Sumatera Utara.

Tidak menyasar ke Nelayan Membangun Sumatera Utara melalui program pemerintah provinsi, kedepan ada Alokasi yang akan kita siapkan di Padangsidimpuan terkhusus Pembudidaya ikan untuk Kota Padangsidimpuan yang satu kampung itu membudayakan ikan, ucap Hamdan.

“Asalkan Kota Padangsidimpuan bisa mengalokasikan kampungnya maka bantuan itu akan kita jalankan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara,” kata Hamdan.

Lanjut Hamdan, kita menginginkan Kolaborasi pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi begitu juga pemerintah pusat, agar peningkatan pembangunan di Kota Padangsidimpuan semakin lebih baik, bukan hanya di Kota Padangsidimpuan akan tetapi seluruh Kabupaten dan Kota Se Sumatera Utara dengan program dinas kelautan dan perikanan.

Provinsi Sumatera Utara mendukung Kearifan lokal dibeberapa daerah termaksud di Kota Padangsidimpuan, tetap kita dukung agar keberlanjutan di Kota Padangsidimpuan tetap dirasakan masyarakatnya kedepan, pesan Hamdan.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan Edi Darwan Harahap menjelaskan sebanyak 13.500 ekor benih ikan bantuan Provsu ini akan disebar ke 6 titik se Kota Padangsidimpuan.

Keenam lokasi tersebut adalah, Lubuk Larangan Seia Sekata Kelurahan Losung Batu Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Lubuk Larangan Al – Mansur Dusun IV Desa Pudun Jae Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Lubuk Larangan Muhammadiyah Saba Riba Kelurahan Aek Tampang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Lubuk Larangan Satahi GPS Lk II Kelurahan Aek Tampang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Lubuk Larangan Al – Ikhlas Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan dan Lubuk Larangan Al – Ikhlas Lk. VI Kelurahan Ujung Padang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

Edi berharap bantuan ini tidak hanya disini saja, tetapi berkesinambungan dan meningkat sehingga dapat dirasakan masyarakat lokal, kedepannya binaan Dinas pertanian terus simultan berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *