Berita

Berkunjung ke Sorong, Ganjar Pranowo Tampung Aspirasi Masyarakat Kokoda

×

Berkunjung ke Sorong, Ganjar Pranowo Tampung Aspirasi Masyarakat Kokoda

Sebarkan artikel ini
Ganjar Pranowo didampingi masyarakat adat Imekko dan sejumlah ketua Paguyuban. (Foto:Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disambut secara adat oleh masyarakat dan relawan saat tiba di Bandara Domine Eduard Osok Sorong, Senin (20/11/2023) siang.

Pantauan media ini, masyarakat sudah berkumpul di Bandara sedari pagi untuk menyambut Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 itu.

Setibanya di pintu kedatangan, Ganjar langsung disambut dengan tarian suling tambur. Ia juga tampak dipakaikan mahkota adat Papua.

Ganjar Pranowo bersalaman dengan masyarakat di pintu kedatangan Bandara DEO Sorong. (Foto:Mega/TN).

Selanjutnya, Ganjar yang didampingi ketua Relawan Papua For Ganjar-Mahfud (Pagama), Mananwir Paul Fincen Mayor dan sejumlah ketua paguyuban di Kota Sorong langsung menuju ke komplek kokoda Kilometer 8 untuk bertemu dengan masyarakat adat, sekaligus meninjau rumah masyarakat di sana.

Di sana, Ganjar mendengarkan aspirasi masyarakat yang disampaikan langsung oleh sejumlah masyarakat adat Inanwatan, Matemani, Kais dan Kokoda (Imekko) yang ada di Sorong.

Kepada Ganjar, mereka minta agar masyarakat Imekko yang ada di wilayah Sorong raya untuk lebih diperhatikan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan sejahtera.

“Kami sudah banyak mendengarkan cerita masyarakat kokoda, kami hadir di sini untuk mendengarkan sendiri dan bersentuhan dengan bapak ibu secara langsung untuk melihat kondisi yang ada. Tentu kami akan minta bantuan baik dari kepala-kepala suku maupun pemerintah daerah untuk kita berjuang bersama,”jelas Ganjar.

Setelah mendengarkan aspirasi masyarakat adat Imekko, Ganjar langsung meninjau beberapa rumah tak layak huni yang didiami masyarakat kokoda.

“Karena hari ini saya bukan pemerintah, tapi insya allah kalau Tuhan menginjinkan pasti ada orang baik yang menolong, apakah itu terkait rumah tidak layak seperti yang saya saksikan, apakah itu kebutuhan pokok, atau MCK,”katanya.

Ganjar menambahkan, sekembalinya dari Papua, ia akan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait agar bisa mewujudkan apa yang menajadi keinginan masyarakat Imekko.

“Mungkin di antara kami akan terketuk hatinya, tidak perlu menuggu urusan Pilpres, kalau toh hati ini ingin membantu mereka pasti akan membantu. Doakan kami, mudah-mudahan ikatan kita jadi ikatan persaudaraan tidak hanya sekedar urusan politik,”pungkasnya.

Usai melakukan pertemuan, Ganjar beserta rombongan bertolak ke kabupaten Raja Ampat.