Berita

Ririmasse Beri Apresiasi Pembangunan Gedung PAUD Pancaran Kasih Toisapu

×

Ririmasse Beri Apresiasi Pembangunan Gedung PAUD Pancaran Kasih Toisapu

Sebarkan artikel ini
Sekkot Ambon, Agus Ririmasse, saat meresmikan Gedung PAUD Pancaran Kasih cabang Dusun Toisapu, Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Rabu (11/10/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse meresmikan Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pancaran Kasih cabang Dusun Toisapu, Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Rabu (11/10/2023).

Ririmasse dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, memberikan apresiasi yang tinggi atas pembangunan PAUD Pancaran Kasih Dusun Toisapu, yang dibantu oleh Yayasan Reet and Rock Voor De Molukken dari Belanda.

“Ini hal yang membanggakan bagi kami, sebab dari Belanda memberikan perhatian bagi masyarakat kita. Di saat pemerintah tengah berupaya meningkatkan kecerdasan sumber daya manusia, khususnya anak-anak, namun yayasan Dari Belanda turut membantu, bahkan sudah kedua kalinya, yakni PAUD Pancaran Kasih Hutumuri dan cabangnya di Dusun Toisapu ini,” ujarnya.

Ririmasse menjelaskan, tujuan dari keberadaan PAUD adalah, sebagai pondasi dalam pendidikan dan pelatihan, untuk pengembangan kompetensi anak baik secara kognitif maupun non kognitif.

“Secara kognitif yakni, intelegensi dan kecerdasan, maupun non kognitif yaitu pengembangan karakter, skill, dan kompetensi sosial, tentunya ini merupakan potensi anak-anak yang harus dikembangkan dan ditingkatkan,” bebernya.

5152
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sehingga kepada guru dan pengurus PAUD, Ririmasse mengingatkan mengenai 6 (enam) fase pondasi, dalam pembelajaraan, yakni agama dan budi pekerti, ketrampilan sosial dan bahasa, kematangan emosi, pengembangan keterampilan motorik, kematangan kognitif, serta kemampuan seni kreativitas dan lingkungan.

“Ini menjadi tugas para guru dan pengurus, untuk dapat membina dan mendidik anak-anak dengan sabar, meski lewat permainan, namun pesan itu dapat tersampaikan kepada mereka,” ujar dia.

Untuk itu Ririmasse berharap, agar Pemerintah Negeri juga para orang tua, serta masyarakat sekitar, dapat mendukung penyelenggaraan PAUD.

“Menjadi harapan kita semua, agar putra-putri Dusun Toisapu dapat menjadi pemimpin, baik ditingkat daerah maupun nasional,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam peresmian PAUD tersebut juga dibagikan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada para siswa oleh Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon, Hanny Tamtelahitu.