BeritaDaerah

Kunjungi Raja Ampat, GOW Fak-Fak Melatih Ibu-Ibu Sulap Bumbu Dapur Jadi Obat Balsem

×

Kunjungi Raja Ampat, GOW Fak-Fak Melatih Ibu-Ibu Sulap Bumbu Dapur Jadi Obat Balsem

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko I Burdam saat membuka kegiatan pelatihan pembuatan balsem dari buah pala, Foto ISTIMEWAH.

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT – Gerakan Organisasi Wanita Kabupaten Fak-Fak Provinsi Papua Barat melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat Daya, Sabtu (7/10/2023).

Kunjungan dalam rangka study banding ke Kabupaten Bahari itu, GOW Kabupaten Fak-Fak memperkenalkan produk lokal, buah pala yang dikenal kaum ibu-ibu sebagai salah satu bumbu dapur terpuler itu.

Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko I Burdam berkesempatan membuka kegiatan Pelatihan Pembuatan Balsem dari buah pala di Kabupaten Raja Ampat, Wakil Bupati Orideko I Burdam mengatakan keunggulan buah pala yang digunakan sebagai bumbu dapur sangat dikenal luas masyarakat. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, buah pala dijadikan manisan di seantero jahat raya ini.

GOA Kabupaten Fak-fak menemukan suatu inovasi terbaru yang bahan dasarnya menggunakan buah pala yang sebelumnya hanya dikenal sebagai bumbu dapur dan manisan itu. Bumbu dapur dan manisan itu kini disulap menjadi sebuah obat jenis balsem.

Kedatangan GOW Kabupaten Fak-Fak disambut baik GOW Kabupaten Raja Ampat, dua Kabupaten itu berkalaborasi melakukan Pelatihan Pembuatan Balsem dari buah pala. Tentunya kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan keterampilan tambahan bagi perempuan di Kabupaten yang dijuluki sebagai surga kecil yang jatuh di bumi itu.

5157
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko I Burdam mengatakan Pemerintah Daerah memberikan perhatian terhadap komuditas buah pala yang selain kegunaannya sebagai bumbu dan manisan, buah pala memiliki fungsi ganda sebagai obat-obatan yang bermanfaat untuk kesehatan

“Buah pala merupakan salah satu komoditas yang saat ini mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk di kembangkan di kabupaten Raja Ampat, selain memiliki ekonomi yang tinggi, buah pala juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan,” tutur mantan Kepala BPKAD Raja Ampat.