BeritaPeristiwa

Koarmada III Kerahkan KRI Panah-626, Kawal Distribusi Rupiah ke Daerah 3T

×

Koarmada III Kerahkan KRI Panah-626, Kawal Distribusi Rupiah ke Daerah 3T

Sebarkan artikel ini
foto bersama Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi sebelum pemberangkatan Tim ERB 2023 menggunakan armada Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Panah, dilaksanakan di Dermaga Koarmada III TNI AL, Katapop. (foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Komando Armada (Koarmada) IIl bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat melepas Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) tahun 2023 di Dermaga Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (13/10/23).

Dalam kegiatan ERB di wilayah kerja Koarmada III ini, Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi menggerakkan salah satu unsurnya yaitu KRI Panah-626 untuk mengawal dan bersinergi dengan BI dalam mendistribusikan mata uang Rupiah di daerah Terdepan, Terluar dan Terpencil (3T) di wilayah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Dikatakan Pangkoarmada III dalam sambutan yang dibacakan Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, ERB ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara BI dengan TNI Angkatan Laut tentang pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang Rupiah antar kantor BI maupun ke lokasi yang ditetapkan serta ke wilayah 3T.

”Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan uang yang layak edar,”ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Singgih, melihat kondisi geografi negara Indonesia dengan luasnya wilayah dan banyaknya sebaran pulau-pulau kecil dan terluar menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa, hal ini tidak bisa dilakukan sendiri tanpa adanya kerja sama antar elemen bangsa, ungkap Pangkoarmada III.

5157
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

”Indonesia sebagai Bank Sentral bertujuan mencapai dan menjaga kestabilan nilai Rupiah. Bank Indonesia juga senantiasa mengkampanyekan cinta, bangga dan paham Rupiah kepada masyarakat yang merupakan pelaksanaan program dedikasi untuk negeri. Hal ini karena Rupiah merupakan simbol kedaulatan bangsa yang harus kita jaga sebagai wujud nyata ajang bela negara,”jelasnya.

Sedangkan TNI Angkatan Laut sebagai garda terdepan dalam pertahanan bangsa memiliki tugas menjaga dan menegakkan kedaulatan NKRI.

”Di sinilah titik temu kerja sama yang dibangun antar dua elemen bangsa yaitu Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut yakni kesamaan dalam menjaga kedaulatan serta kesamaan kepentingan dalam mendukung pembangunan nasional,”pungkasnya.

Pada Ekspedisi kali ini, yang menjadi sasaran pendistribusian mata uang Rupiah tersebut, adalah Sorong – Waisai/ Raja Ampat – Kaimana – Pulau Namatota – Pulau Karas – Pulau Panjang Fiberglass, dengan total jarak tempuh mencapai 1122 Mil yang dilaksanakan mulai tanggal 13-19 Oktober 2023.

Di mana dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Koarmada III turut serta dalam pelayaran Ekspedisi Rupiah Berdaulat ke beberapa daerah.