Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
EkonomiPolitik

Partai Buruh Lakukan Aksi Longmarch Bandung-Jakarta, Berikut Enam Tuntutannya

×

Partai Buruh Lakukan Aksi Longmarch Bandung-Jakarta, Berikut Enam Tuntutannya

Sebarkan artikel ini
Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat melakukan konferensi pers di depan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023). (Foto : Pierre Ombuh/TN)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Aksi Longmarch jalan kaki dilakukan oleh Partai Buruh bersama KSPI, KSPSI, AGN, KPBI, KSBSI, FSPMI, SPN, FSP KEP, FSP TSK, SPI, dan organisasi klas pekerja lainnya yang dimulai dari depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat pada 2 Agustus 2023 dan berakhir di Gedung MK dan Istana Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat pada 9 Agustus 2023.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan ada enam isu yang disuarakan secara serentak dalam aksi kali ini. Jika pemerintah pusat dan DPR tidak memenuhi tuntuan tersebut, maka para buruh dan organisasi buruh serta kelas pekerja lainnya akan melakukan mogok kerja masal berskala nasional.

Example 300x600

“Kami mempersiapkan mogok nasional berhenti stop produksi 5 juta buruh seluruh indonesia, melibatkan 100 ribu pabrik akan berhenti, begitu pula dengan sopir-sopir pelabuhan dan bandara,” kata Said Iqbal dalam konferensi persnya di depan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023).

Presiden KSPI ini menungkapkan sebanyak hampir 10 ribu buruh yang berasal dari Jakarta, Banten, Jawa Barat yang mengikuti aksi. Tak hanya itu Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea juga terlibat dalam aksi pada hari ini.

“Hari ini khusunya DKI, Jawa Barat dan Banten masuk ke Jakarta. Tadi tercatat masuk 200 bis lebih tepatnya 190 bis,” ungkap Said.

Berikut enam tuntutan buruh pada aksi pada hari ini:

  1. Cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja
  2. Naikkan upah 2024 sebesar 15 persen
  3. Cabut presidential thresold 20 persen menjadi 0 persen
  4. Revisi parlimanetary threshold 4 persen
  5. Cabut UU Kesehatan
  6. Wujudkan Jaminan Sosial JS3H, reformasi agraria, dan kedaulatan pangan
Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *