BeritaBisnisEkonomi

PW Muhammadiyah Provinsi Papua Barat Daya Launching MarketMU di Kabupaten Sorong

×

PW Muhammadiyah Provinsi Papua Barat Daya Launching MarketMU di Kabupaten Sorong

Sebarkan artikel ini
Ketua PW Muhammadiyah PBD, H. Mungawan ditemani oleh Rektor Unimuda Sorong, H. Rustamadji menggunting pita tanda mulai dibukanya pelayanan MarketMU, Sabtu (4/5/2024)
Ketua PW Muhammadiyah PBD, H. Mungawan ditemani oleh Rektor Unimuda Sorong, H. Rustamadji menggunting pita tanda mulai dibukanya pelayanan MarketMU, Sabtu (4/5/2024)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Papua Barat Daya bersama Rektor Unimuda Sorong melakukan Grand Launching MarketMU, Sabtu (4/5/2024).

MarketMU atau Market Muhammadiyah menyediakan berbagai aneka kebutuhan layaknya swalayan mini mengunakan lantai I Gedung Dakwah Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Sorong.

Ketua PDM Kabupaten Sorong Mukhlas Triyono saat memberi sambutan berterima kasih kepada para perintis persyarikatan Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Sebab para pendiri telah berhasil mendirikan amal usaha terbanyak di Tanah Papua.

Pendirian amal usaha oleh Organisasi Muhammadiyah, kata Mukhlas, didirikan atas prinsip dasar pertama soal keimanan dan dakwah.

“Apapun amal usaha yang didirikan harus didasari pada keimanan kepada Allah SWT dan dakwah, ” ujar Mukhlas.

Kemudian poin yang kedua yakni, keikhlasan, karena tanpa keikhlasan apapun amal usaha yang dibuat menjadi tidak bernilai. Dan poin ketiga yaitu pemberdayaan.

Para perintis dakwah Muhammadiyah di Kabupaten Sorong telah merintis dan mendirikan berbagai macam amal usaha. Hanya saja untuk bidang ekonomi, sejauh ini belum ada.

Oleh karena itu, PD Muhammadiyah Kabupaten Sorong menginisiasi berdirinya amal usaha di sektor ekonomi yang kuat, sehingga bisa mensupport seluruh kegiatan dakwah.

MarketMU didirikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sorong dengan skema dari, oleh dan untuk kita. Maka skema kepemilikan disebarkan kepada seluruh organisasi otonom dan pimpinan amal usaha.

“Jadi MarketMU adalah milik kita semua warga persyarikatan, ” kata Mukhlas menegaskan.

Rektor Unimuda Sorong, Rustamadji dalam sambutannya lebih menekankan kalimat motivasi. Dimana Rustamadji mau warga Muhammadiyah dalam usaha mengembangkan MarketMU harus bercita – cita luar biasa.

Maka itu Rustamdji dalam sambutannya bercerita tentang perjuangan heroik yang dilakukan untuk mendapatkan tanah yang sekarang berdiri gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Sorong.

Rustamadji tidak menghendaki anak muda yang pesimis, tetapi penuh optimis. Maka Rustamadji sangat tidak setuju bila Anak muda sering mengatakan kalimat, “kita harus berpikir yang realistis”.

Kata – kata itu, sambung Rustamadji, bila didengar memang sangat bagus, namun bila ditelisik lebih dalam lagi, maka kata tersebut hanya lah sebuah kata biasa – biasa saja. Maka karya yang dihasilkan pun pasti biasa – biasa saja.

Dalam mengembangkan MarketMU, Rustamadji sampaikan harus selalu berpikir untuk menciptakan goal dan cita – cita yang luar biasa.

“Tidak ada usaha yang gagal di dunia, bila dia mau terus berusaha. Namun bila dia berhenti berusaha, maka usaha yang dibuat akan gagal, ” tutur Rustamdji.

Dalam mengembangkan MarketMU, Rustamadji katakan tidak perlu malu buat mencontoh keberhasilan Market – market lain yang bertebaran di Kabupaten Sorong.

“Dia usaha buka setiap pagi jam 8, maka kita harus ikut pula untuk belajar disiplin, buka dan tutup harus selalu disiplin. Kemudian tata cara pelayanan pun harus pula bisa dicontohkan, karena kita juga ingin bisa berhasil dan melampaui mereka yang telah berhasil, ” tutur Rustamadji memotivasi.

Di tempat yang sama, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Papua Barat Daya, H. Mungawan katakan gagasan pendirian amal usaha di bidang ekonomi yang didirikan oleh PD Muhammadiyah Kabupaten Sorong merupakan karya yang luar biasa.

Harapan saya sebagai pimpinan wilayah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sorong bisa terus mendirikan amal usaha di bidang ekonomi yang lain, tidak berhenti hanya dengan satu amal usaha saja.

“Jadi dengan ada Market MU ini , maka mari kita majukan bersama Market MU , ” ajak Mungawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *