BeritaKriminalitas

Cantik, Pandai, Pantaslah Briptu Tiara Jadi Lulusan Terbaik di Turkiye

×

Cantik, Pandai, Pantaslah Briptu Tiara Jadi Lulusan Terbaik di Turkiye

Sebarkan artikel ini
Brigadir Polisi Satu (Briptu) Tiara Nissa Zubaida

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Prestasi Brigadir Polisi Satu (Briptu) Tiara Nissa Zubaida sebagai lulusan terbaik pada pendidikan di Turkish National Police Academy, Turkiye, melengkapi kepribadiannya sebagai anggota Polisi Wanita (Polwan). Ditambah dengan wajah yang cantik dan kepandaiannya menjadi nyaris sempurna sebagai sosok aparat kebanggaan. 

Ya, Briptu Tiara yang bertugas di Kepolisian Daerah Jawa Timur masuk lima besar lulusan terbaik dan mendapat kesempatan menyampaikan pidato kelulusan di hadapan Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan, menjadi buah bibir di masyarakat. 

Wisuda kelulusan pada pendidikan Capacity Building “The First Level Police Chief Training and The Non-Thesis Master Degree” di Turkish National Police Academy, Turkiye, diselenggarakan pada tanggal 26 Juli 2023 waktu setempat dan dipimpin langsung Presiden Erdogan.

Saat itu, Briptu Tiara tampak lantang saat menyampaikan pidato dengan menggunakan bahasa Turkiye.Tiara berhasil meraih peringkat lima besar terbaik dan menjadi salah satu perwakilan peserta didik Internasional dari 16 negara peserta. 

Inilah sebab, Presiden Recep Tayyip Erdogan menitipkan pesan untuk Presiden Joko Widodo melalui Tiara. “Pesan persaudaraan yang dikirimkan oleh Presiden Erdogan kepada Presiden Jokowi menunjukkan hubungan kedua bangsa dalam dan mengakar,” kata Duta Besar Indonesia untuk Turkiye Lalu Muhamad Iqbal.

Hal itu menunjukkan bahwa Indonesia mendapat tempat khusus di hati pemimpin dan masyarakat Turkiye sebagaimana pemimpin dan rakyat Turkiye juga memperoleh tempat spesial di hati orang Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan oleh Iqbal setelah menyaksikan Presiden Erdogan berjabat tangan dan mengirimkan pesan melalui Briptu Tiara Nissa Zulbilda yang menempati peringkat kelima lulusan terbaik dan satu-satunya peserta asing wanita terbaik.

“Ini pertama kalinya anggota Polri memperoleh predikat lulusan terbaik. Keberhasilan ini merupakan prestasi Polri di Turkiye” ujar Kombes Pol Harviadhi Agung Pratama, Atase Kepolisian RI di Ankara, yang hadir pada acara wisuda tersebut dengan Duta Besar RI.

Tak cuma itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi prestasi Briptu Tiara dengan memberikan penghargaan berupa pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) 2024.

“Bapak Kapolri memberikan penghargaan berupa pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) 2024,” ungkap Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo. 

Selain Briptu Tiara, ada dua personel Polri lain yang menempuh pendidikan di Turkiye, yakni Ipda Regina Setiawan dari Polda Kepri dan Bripka Hilman Lasmana dari Polda Jawa Barat.

Dedi menjelaskan tiga personel Polri itu mengikuti pendidikan jenjang master (S2) nontesis dan pengembangan kompetensi untuk perwira polisi tingkat pertama atau Capacity Building “The First Level Police Chief Training and The Non-Thesis Master Degree” selama dua tahun bersama 84 orang peserta didik internasional lainnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Polisi Nurul Azizah menjelaskan ketiga anggota Polri tersebut diwisuda usai mengikuti pendidikan selama dua tahun.Mereka menjadi bagian dari 87 orang peserta didik internasional lainnya yang diwisuda pada 26 Juli 2023.

“Kedutaan Besar RI di Ankara didampingi oleh Atase Polri menghadiri kegiatan Turkish National Police Academy Graduation Ceremony yang secara resmi ditutup oleh Presiden Erdogan,” jelas Nurul.

Untuk diketahui, Tiara Nissa Zulbida merupakan polisi wanita asal Pasuruan yang bertugas di Polda Jawa Timur. Ia memulai pendidikan lanjutan di Pusat Pelatihan Kepolisian Negara Republik Turkiye pada tahun 2021 dan menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2023.

Pelatihan pembangunan kapasitas “the First Level Police Chief Training and the Non Thesis Master Degree” berlangsung selama 1,5 tahun dan setara dengan program master. Pelatihan diikuti oleh 87 peserta didik internasional dari 16 negara.

Tiga peserta dari Indonesia, yaitu Briptu Tiara Nissa Zulbida dari Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Ipda Regina Setiawan dari Polda Kepulauan Riau dan Bripka Hilman Lasmana dari Polda Jawa Barat.

Kerja sama Kepolisian RI-Turkiye semakin meningkat dalam lima tahun terakhir yang merupakan implementasi kerja sama kepolisian kedua negara yang semakin progresif dan tertuang dalam Memorandum of Intent (MoI) Technical Arrangement on Police Education and Training yang ditandatangani pada 2017.