Berita

Sejalan dengan PDIP, Gerindra Dukung Pembentukan Pansus JIS

×

Sejalan dengan PDIP, Gerindra Dukung Pembentukan Pansus JIS

Sebarkan artikel ini
Jakarta International Stadium (JIS) yang berada di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Gerindra, Rani Mauliani mendukung usulan pembentukan panitia khusus (Pansus) dalam menyelesaikan polemik pembangungan Jakarta International Stadium (JIS).

“Untuk membentuk Pansus JIS, ya kenapa tidak kita dukung selama memang sifatnya urgensi bukan untuk sekedar mencari-cari kesalahan yang lebih condong ke arah politis,” ujar Rani kepada wartawan dikutip TeropongNews, Jumat (14/7/2023).

Rani mengatakan, pembentukan Pansus JIS harus sesuai koridornya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Untuk itu, dirinya pun menegaskan sikap dari Partai Gerindra selalu mengedepankan kepentingan bagi masyarakat.

“Sikap Fraksi Gerindra saya rasa berada di posisi demi kebaikan bersama terutama yang terpenting memang untuk kepentingan masyarakat,” kata Rani.

Lebih lanjut, Rani meminta agar seluruh fraksi yang terlibat pembangunan JIS tidak mengungkit-ungkit masalah sebelumnya. Ia pun menyebut evaluasi dan perbaikan terhadap JIS sangat penting dilakukan demi keberlangsungan JIS kedepannya.

“Kalau ada evaluasi dan perbaikan ke arah lebih baik tentunya jelas perlu karena memang kan JIS sama-sama kita tau belum berdiri secara establish,” jelas Rani.

“Silahkan bentuk pansus asal bukan sekedar main-main, karena sepanjang yang saya tau tidak semua pansus terselesaikan,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan TeropongNews, Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta menolak usulan dari PDI Perjuangan (PDIP) terkait pembentukan Panitia Khusus (Pansus) soal permasalahan Jakarta International Stadium (JIS) yang berada di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI, Basri Baco menuturkan masih ada beberapa aspek penting yang harus dilakukan. Ia menilai terlalu dini untuk dibentuknya pansus karena sangat tercium aroma politisnya.

“Pansus ini kadang lebih besar poltisnya dan pada subtansional nya,” tutur Baco kepada wartawan dikutip TeropongNews, Jumat (14/7/2023).

Kemudian, Basri mengatakan jika beberapa aspek tersebut telah dilakukan dan ditemukan hal-hal yang menurutnya janggal, maka Pansus perlu untuk segera dibentuk.

“Kalau harus sampe Pansus Golkar menolak, kecuali setelah dilakukan audit dan pemeriksaan dan perlu pendalaman lagi mungkin bisa naik Pansus,” kata Baco

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) mendukung pembentukan panitia khusus (Pansus) terkait pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Hal ini perlu dilakukan guna mencari inti permasalahan JIS yang dibangun pada era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan periode 2017-2022.

Seperti diketahui, polemik ini muncul kepermukaan usai terpilihnya JIS menjadi salah satu kandidat venue Piala Dunia U-17. Beberapa pihak menilai megahnya JIS tidak berbanding lurus dengan infrastruktur pendukung JIS yang tidak sesuai standar FIFA seperti pintu masuk untuk parkir dan penonton serta akses transportasi umum.

“Supaya benang merahnya lebih nyambung saya kira akan jauh lebih baik kalau kita bentuk pansus,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono kepada wartawan di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (13/7/2023).

Kemudian, lanjut Gembong, tujuan dibentuknya Pansus ini agar masalah JIS saat ini tidak memiliki efek berkepanjangan. Karena Gembong tak memungkiri bahwa JIS merupakan aset bagi Provinsi DKI Jakarta.

“Kalau kita sepakat itu adalah JIS itu sebagai aset kita semua, apa salahnya sih kalau mau diperbaiki? Perbaiki dalam rangka untuk menghadapi penilaian yang nanti akan disampaikan oleh FIFA,” tutur Gembong.

Seperti informasi, stadion JIS dibangun saat Anies Baswedan masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan saat ini Anies merupakan salah satu bakal calon presiden (bacapres) 2024 mendatang.