BeritaPendidikan

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z di Papua Barat Daya

×

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z di Papua Barat Daya

Sebarkan artikel ini
Kemendikbudristek bersama Komisi X DPR RI menggelar wicara penguatan karakter di Kota Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan Komisi X DPR RI menggelar wicara penguatan karakter untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, dan menyenangkan.

Kegiatan yang melibatkan guru dan kepala sekolah tingkat SD, dan SMP itu digelar di Rylich Panorama Hotel, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (20/7/2023).

Anggota Komisi X DPR RI, Robert Joppye Kardinal mengatakan bahwa pendidikan karakter sangat penting di Papua Barat Daya, apalagi di tengah-tengah arus globalisasi yang semakin deras, dimana informasi begitu mudah diperoleh melalui gadget.

“Maka ini bisa menjadi penyebab perubahan karakter pada peserta didik terutama yang generasi Z, yang jika dibiarkan akan menjadi penyebab terjadinya krisis moral. Misalnya pergaulan bebas, penyalahgunaan terlarang, pencurian, kekerasan dan lain-lain, ” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Robert, pendidikan karakter adalah pendidikan yang bertujuan untuk membangun sebuah karakter seseorang untuk menjadi lebih baik dan pendidikan ini penting bagi setiap orang, yang dimana karakter tersebut lah yang akan mendominasi sifat atau identitas dari orang tersebut.

5159
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Apalagi, dalam kurikulum merdeka terdapat penerapan penguatan karakter siswa. Proses penguatan karakter itu dilakukan melalui pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek sesuai pada penguatan profil pelajar Pancasila. Jadi Siswa didorong memiliki karakter yang baik.

”Pendidikan karakter itu juga sudah ada di kurikulum merdeka belajar ini tinggal bagaimana para guru, wali murid fokus pada penguatan pendidikan karakter itu,”terangnya.