Berita

Pemprov Kalsel Ujicoba Panen Padi di Desa Andhika

×

Pemprov Kalsel Ujicoba Panen Padi di Desa Andhika

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah, saat melaksanakan uji coba panen padi di Desa Andhika, Kabupaten Tapin, Selasa (4/7/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Dalam rangka mendukung Kalimantan Selatan untuk menjadi lumbung pangan nasional, maka Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu melaksanakan panen raya padi pertanaman kedua IP 200, di Desa Andhika Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin.

Sekretaris Dinas Pertanian dan dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah mengatakan, panen yang dilaksanakan merupakan panen padi uji adaptasi lokasi, untuk menghasilkan varietas yang unggul.

“Panen padi uji coba ini akan berguna, supaya mengetahui apakah bisa menghasilkan varietas yang unggul dan cocok di area Kalsel,” ucapnya, di Banjarbaru, Selasa (4/7/2023).

Ia menjelaskan, luasan persawahan yang digunakan pada kegiatan tanam uji adaptasi galur padi sawah, kurang lebih mencapai 900 hektare.

Oleh karena itu, Imam berharap, pelaksanaan ini dapat menghasilkan varietas padi yang unggul dengan beberapa kelebihan diantaranya, produktivitas tinggi serta umur tanam padi lebih pendek.

5165
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Selain panen padi, pihaknya juga memberikan bantuan dari APBN dan APBD berupa sarana dan prasarana pertanian, untuk petani di seluruh Kabupaten Tapin.

“Dengan penanaman dan panen yang terus kita lakukan hingga saat ini, bisa menjadi bukti bahwa Kalsel masih menjadi lumbung pangan nasional, serta bisa menjadi penyangga pangan bagi Ibu Kota Negara (IKN) di tahun 2024,” tutup dia.