Berita

Kalsel Jadi Tuan Rumah Kejuaraan SIRNAS B

×

Kalsel Jadi Tuan Rumah Kejuaraan SIRNAS B

Sebarkan artikel ini
Ketua Panitia SIRNAS sekaligus Wakil Ketua PBSI Provinsi Kalsel, Rusdiansyah didampingi Sekretaris panitia Abdullah Sani, di Kantor Dispora Kalsel, di Banjarmasin, Jumat (9/6/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pusat menunjuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), melalui PBSI Kalsel, untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Sirkuit Nasional (SIRNAS) B Kalimantan Selatan Tahun 2023, yang akan dijadwalkan berlangsung pada tanggal 25 Juni sampai dengan 1 Juli.

Kejuaraan SIRNAS tersebut akan digelar di Gor Berkat Abadi, Jalan Perjuangan, Sungai Sipai Martapura, Kabupaten Banjar.

“Alhamdulillah kita ditunjuk oleh PBSI pusat menjadi tuan rumah sirkuit nasional bulu tangkis. Ini sekaligus sebagai ajang pencarian bibit atlet sejak dini,” kata Ketua Panitia, sekaligus Wakil Ketua PBSI Provinsi Kalsel, Rusdiansyah kepada wartawan, di Banjarmasin, Jumat (9/6/2023).

Rusdiansyah mengatakan, sebagai tuan rumah, persiapan sudah hampir 90 persen, bahkan yang sudah mendaftar sampai tanggal per 8 Juni ini sebanyak 327 peserta, dan penutupan pendaftaran ditanggal 13 Juni.

“Jadi, yang sudah mendaftar 327 orang. Kita target peserta lebih dari 500 orang. Bahkan tim PBSI pusat, sudah melakukan peninjauan lapangan. Dan ternyata lapangan kita bertaraf standar nasional,” ujarnya.

5180
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Adapun ketentuan peserta pada kejuaraan SIRNAS ini, kata Rusdiansyah, yaitu perkumpulan klub yang sudah terdaftar di PBSI. Seperti Pelatprov, Pelatkab, Pelatkot, pusdiklat, SKO, PPOP.

Sedangkan kelompok usia yang dipertandingkan yaitu usia dini putra/putri usia di bawah 11 tahun kelahiran tahun 2013 atau sesudahnya (tunggal).

Kemudian anak-anak putra/putri usia di bawah 13 tahun kelahiran tahun 2011 atau sesudahnya (tunggal dan ganda). Selanjutnya, kategori pemula putra dan putri usia di bawah 15 tahun kelahiran tahun 2009 atau sesudahnya (tunggal dan ganda).

“Jadi, nomor yang dipertandingkan di semua kelas, haya usia yang dibatasi 11,13 dan 15 tahun. Usia potensial untuk mencari bibit unggul bagi kepentingan nasional,” ujarnya.

Selain itu, tujuan kejuaraan ini untuk mencari bibit atlet sejak dini, untuk dipersiapkan nantinya mengikuti kejuaraan nasional.

“Jadi, kejuaraan ini kesempatan bagi atlet kita yang muda-muda, untuk mengasah kemampuan, sekaligus melihat bakat talenta pembulu tangkis serta dibina,” pungkasnya.

Kegiatan kejuaraan sirkuit nasional ini nantinya pada tanggal 29 Juni pertandingan akan diliburkan, karena memperingati hari raya Idul Adha.