Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Satu Bacalon DPD Mendaftar ke KPU PPS

×

Satu Bacalon DPD Mendaftar ke KPU PPS

Sebarkan artikel ini
Salah satu Bacalon DPD melakukan pendaftaran ke Sekretariat Bersama KPU Papua selatan. Foto-Getty/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Masuk hari keempat masa pendaftaran, baru satu peserta bakal calon (Bacalon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang mendatangi Sekretariat Bersama KPU Papua Selatan untuk mendaftarkan diri.

Bacalon atas nama Charles Mare Mare tiba di sekretariat bersama KPU sekitar Pukul 02.00 WIT dengan mengenakan busana budaya Papua. Seperti biasa Bacalon diterima kedatangannya dan melakukan tahapan registrasi. Selanjutnya, admin Silon KPU melakukan pemeriksaan data dukung di aplikasi Silon didampingi Bawaslu setempat.

Example 300x600

Sayangnya, pada saat yang sama aplikasi Silon mengalami gangguan teknis sehingga tidak bisa diakses. Admin aplikasi Silon KPU Merauke dan PPS terus melakukan komunikasi dan koordinasi kepada KPU RI terkait perbaikan aplikasi tersebut.

“Setelah aplikasi Silon ini sudah normal, KPU akan menghubungi bakal calon DPD untuk melakukan proses pendaftaran,” ujar Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu dan Humas KPU Merauke, Michael Sarawan, Kamis (4/5/2023).

Proses perbaikan pun tidak bisa diselesaikan hingga malam hari sehingga Komisioner KPU didampingi Anggota Bawaslu menyepakati pendaftaran Bacalon DPD dilanjutkan hari esok. Adapun data dukung persyaratan yang akan diperiksa seperti KTP, surat kesehatan rohani dan jasmani, surat tidak terpidana serta kelengkapan lainnya akan diperiksa KPU diawasi Bawaslu.

Kalau semua persyaratan lengkap maka Bacalon langsung diterima, sedangkan kalau belum maka akan dikembalikan dengan berita acara untuk diperbaiki selama masa pencalonan berjalan.

KPU Merauke dan KPU PPS mulai membuka pendaftaran bagi bakal calon DPRD, DPR Provinsi, DPD dan DPR RI sejak 1 Mei hingga 14 nanti.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *