Berita

Pemilu 2024, Target NasDem Jadi Parpol Terbesar Kedua di Indonesia

×

Pemilu 2024, Target NasDem Jadi Parpol Terbesar Kedua di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem Prananda Surya Paloh memberi keterangan pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023). (foto: Morteza Syariati Albanna).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem Prananda Surya Paloh mengatakan pada Pemilu ketiga ini NasDem menargetkan menjadi parpol kedua terbesar di Indonesia.

NasDem telah mengikuti Pemilu 2014 dan 2019. Prananda pun mengajak kader NasDem solid menjadikan Pemilu ketiga ini sebagai batu lompatan untuk mempertinggi suara NasDem di DPR RI dengan memeroleh sedikitnya 100 kursi di Senayan.

“Kami sadar, biasanya Pemilu ketiga akan membuat partai kita menjadi partai yang besar atau tetap menjadi partai menengah. Atas dukungan masyarakat Indonesia kami yakin akan merebut paling tidak dua besar,” kata Prananda dalam keterangan persnya, di Gedung KPU RI, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Bagi Prananda, fungsi DPR adalah sebagai wakil rakyat yang setiap harinya harus bersentuhan dengan masyarakat.

Di sisi lain, kata dia, NasDem juga ingin memperkuat proses demokrasi di Indonesia, dengan konsisten memberikan pendidikan politik bagi masyarakat.

“Itu adalah salah satu kewajiban partai politik di Indonesia,” kata Prananda.

Untuk diketahui, Partai Nasdem mulai ikut pemilihan umum (Pemilu) pada 2014. Dalam debutnya ini Nasdem mampu meraup 8,42 juta suara atau 6,74% dari total suara sah nasional.

Kemudian dalam Pemilu 2019 Partai Nasdem berhasil meraih 12,66 juta suara atau 9,05% dari total suara sah nasional. Perolehan ini menempatkan Nasdem sebagai partai ke-5 terbesar di masa itu.