Berita

Dinkes Kabupaten Merauke Bentuk Kader Keamanan Pangan

×

Dinkes Kabupaten Merauke Bentuk Kader Keamanan Pangan

Sebarkan artikel ini
Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Eduardus P. Tumanggor. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke memiliki kader keamanan pangan yang terus memantau keamanan pangan yang beredar di Merauke, Papua Selatan.

Para kader yang diambil dari sejumlah Puskesmas ini selanjutnya akan memaparkan kepada masyarakat manfaat kemanan pangan sebelum dikonsumsi.

“Keamanan pangan sudah harus menjadi syarat bagi setiap masyarakat. Contoh di rumah memakan makanan yang sehat dan bersih. Begitu juga di rumah makan menyajikan produk pangan yang aman dikonsumsi,” Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Eduardus P. Tumanggor.

Masyarakat juga harus melihat, sisi kebersihan pangan dan tempat yang menghasilkan atau menyimpan pangan. Sehingga dapat menekan munculnya berbagai penyakit, atau keracunan yang diakibatkan dari mengkonsumsi pangan tidak bersih dan sehat.

Untuk Merauke dikatakan sudah ada peningkatan dalam perilaku pangan bersih dan sehat. Namun diakui masih ada juga yang belum memperhatikan hal tersebut. Misalkan menyiapkan makanan sambil merokok, usap keringat tanpa tissue, memakai minyak goreng yang sudah berulang dipakai, membersihan meja pakai kain yang sudah kelihatan kotor, banyak tumpukan sampah dan lalat, memelihara ternak sekitar olahan makanan, tidak miliki sanitasi yang baik dan masih banyak lagi.

“Betapa penting bagi masyarakat dalam menjaga kebersihan untuk menjamin kesehatan bagai diri kita maupun orang lain. Dan berusahalah mencari rezeki didukung dengan perilaku hidup sehat dan bersih.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *