Berita

Daftar Menteri di Kabinet Jokowi yang Maju Caleg DPR RI

×

Daftar Menteri di Kabinet Jokowi yang Maju Caleg DPR RI

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berfoto bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. (foto: setkab.go.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan mengevaluasi para Menteri Kabinet Indonesia Maju yang tahun ini namanya dimajukan sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI ke KPU RI oleh parpol pengusung untuk Pemilu 2024.

Bahkan, Presiden Jokowi mengaku tak segan mencopot menteri di kabinetnya apabila tidak fokus dalam menjalankan tugas di level eksekutif lantaran tercurahkan energinya menjadi caleg DPR RI.

“Yang ketiga selalu saya evaluasi. Kalau memang mengganggu, kerjanya terganggu, ya ganti bisa, itu saja. Kalau dari saya yang penting tidak mengganggu tugas-tugas keseharian,” kata Presiden Jokowi usai menghadiri acara Musra di Istora Senayan, Jakarta, diberitakan Senin (15/5/2023).

Jokowi bilang, secara aturan seorang menteri aktif pada level eksekutif memang tidak dilarang untuk menjadi caleg DPR RI.

“Ya yang harus kita tahu ya secara aturan memang diperbolehkan,” katanya.

5183
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Berikut daftar menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju yang kabarnya dimajukan sebagai Caleg DPR RI:

  1. Yasonna Hamonangan Laoly

Yasonna Hamonangan Laoly sudah dua periode ini menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Dia didaftarkan sebagai caleg DPR RI ke KPU oleh PDI Pejuangan (PDIP).

  1. Johnny G Plate

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dimajukan sebagai bacaleg DPR RI ke KPU RI oleh Partai NasDem. Dia dipersiapkan untuk maju dari dapil Nusa Tenggara Timur (NTT) I.

  1. Syahrul Yasin Limpo

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan (Mentan) RI diajukan sebagai bacaleg DPR RI, juga oleh Partai NasDem. Dia rencananya akan maju melalui daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Selatan 1 pada Pemilu 2024.

  1. Ida Fauziyah

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah merupakan caleg DPR RI yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Rencananya, Ida akan bertarung di Dapil Jakarta II pada Pemilu 2024.

  1. Abdul Halim Iskandar

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi saat ini diisi oleh Abdul Halim Iskandar. Rencananya, kakak kandung Muhaimin Iskandar itu akan tarung di wilayah Jawa Timur. Ia didaftarkan sebagai caleg DPR RI juga oleh PKB.

  1. Zulkifli Hasan

Saat ini Zulkifli Hasan alias Zulhas menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) RI. Saat di kantor KPU RI, dia mengaku masih tentatif maju sebagai caleg DPR RI yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Namun, ia dikabarkan bakal tarung di dapil Jawa Tengah yang merupakan lumbung suara PDI Perjuangan (PDIP).

  1. Angela Tanoesoedibjo

Saat ini Angela Tanoesoedibjo menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Putri dari konglomerat Harry Tanoe itu dikabarkan akan maju menjadi caleg DPR RI dari dapil Jawa Timur I. Dia diusung oleh Partai Perindo.

  1. Afriansyah Noor

Afriansyah Noor saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan. Dia diusung menjadi caleg DPR RI oleh Partai Bulan Bintang (PBB) untuk tarung di dapil Jawa Barat V Kabupaten Bogor.

  1. Zainut Tauhid

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid disebut-sebut masuk ke dalam daftar bakal bacaleg DPR RI yang maju dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk bertarung di dapil Jawa Timur.