Berita

Warga Padati Kantor BKKBN Kalsel Ikut Layanan KB

×

Warga Padati Kantor BKKBN Kalsel Ikut Layanan KB

Sebarkan artikel ini
Kepala BKKBN Kalsel, Ramlan meninjau pelayanan KB gratis bagi masyarakat kota Banjarmasin di halaman Kantor BKKBN Kalsel, Banjarmasin, Selasa (11/4/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Warga Kota Banjarmasin memadati kantor Perwakilan Badan Kependudukan Kelurga Berencana (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), untuk mengikuti kegiatan pelayanan kesehatan reproduksi (pelayanan KB) di halaman Kantor BKKBN Kalsel, Banjarmasin, Selasa (11/4/2023).

Kepala BKKBN Kalsel, Ramlan mengatakan, pelayanan KB ini bertujuan, untuk mengendalikan perkembangan jumlah penduduk, pencegahan usia dini dan kesejahteraan keluarga.

“Hari ini, kami berikan pelayanan KB bagi masyarakat kota Banjarmasin, dengan dua metode kontrasepsi jangka pendek maupun jangka panjang, dan pelayanan diberikan secara gratis bagi masyarakat yang mau datang langsung. Target hari ini sekitar 50 orang,” kata Ramlan kepada wartawan.

Menurutnya, dalam pelayanan KB kali ini ada Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) IUD dan implan. Mekanismenya, setiap ibu-ibu yang ingin memasang KB terlebih dahulu diberikan pemahaman, agar kedepannya kondisi yang bersangkutan tetap sehat. Dikatakan, pola konsultasi lebih diutamakan dalam program pelayanan KB gratis tersebut.

“Sebelum memberikan pelayanan, kami tanyakan dulu jenis KB yang dipilih. Kemudian kami berikan informasi, terkait efek samping yang terjadi dan jangka waktu penggunaan. Sehingga mereka benar-benar siap atas alat kotrasepsi yang dipilih,” ujarnya.

5177
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Selain itu, pelayanan KB gratis ini merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat di Banua. Apalagi BKKBN Kalsel pada tahun 2023 ini memiliki target pelayanan KB Aktif di kalsel sebanyak 447.551.

“Jadi, kita harus mengejar target tersebut. Bahkan, pada periode Januari hingga Februari kita sudah memberikan pelayanan KB aktif sebanyak 443.537,” ungkapnya.

Untuk itu kedepannya, jajaran BKKBN terus bergerak untuk memberikan pelayanan KB secara gratis bagi masyarakat.

“Jadi setelah lembaran kita akan turun lagi memberikan pelayanan KB ke masyarakat di kelurahan Basirih Kota Banjarmasin,” pungkasnya.