Berita

Perlahan, Pengungsi Maybrat Kembali Ke Kampung Halaman

×

Perlahan, Pengungsi Maybrat Kembali Ke Kampung Halaman

Sebarkan artikel ini
Para pengungsi dipulangkan dengan selamat untuk yang ke-2 kalinya oleh Satgas Operasi Petik Bintang Polda Papua Barat. (Foto:IST/TN)

TEROPONGNEWS.COM,MAYBRAT – Sebanyak 55 orang pengungsi yang terdiri dari 15 Kepala Keluarga (KK) di kampung Ayata distrik Aifat Timur Kabupaten Maybrat berhasil dipulangkan, Senin (24/04/2023).

Para pengungsi dipulangkan dengan selamat untuk yang ke-2 kalinya oleh Satgas Operasi Petik Bintang Polda Papua Barat yang dipimpin langsung oleh Kapolres Maybrat selaku Kasatgas Gakum AKBP Glenn Rooi Molle, S.I.K,

Kapolres Maybrat selaku Kasatgas Gakum AKBP Glenn Rooi Molle, S.I.K. mengapresiasi masyarakat yang dapat kembali ke kampung halaman setelah rentang waktu 1 tahun 8 bulan.

Sementara 50 warga dari 155 KK yang memilih untuk kembali tetap akan mendapat pengawasan dan dijamin keamanannya oleh pihak kemanan.

“Kami merasa bangga dan bahagia masyarakat bisa kembali ke kampung halaman setelah 1 tahun 8 bulan tidak kembali, sekarang mereka telah kembali bahkan ada yang mau tinggal disini dan tentu kita merasa bangga dan akan menjaga aktifitas dan melindungi masyarakat”, ujarnya.

5199
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kapolres berharap dengan kembali nya sejumlah warga untuk kali kedua ini dapat menjadi dorongan warga lain ikut pulang ke kampung halaman.

“Kami harapkan masyarakat bisa kembali dan mengajak masyarakat lainnya yang belum kembali agar termotivasi untuk kembali ke kampungnya, kembali berkebun dan beraktivitas sehari-hari memenuhi kebutuhan itu sendiri,”tuturnya Molle.

Sementara itu, Drs. Zakheus Momao selaku Kepala Dinas Perumahan Kabupaten Maybrat yang juga merupakan Tokoh Masyarakat Aifat Timur Raya, ikut serta dalam pemulangan pengungsi.

Ia mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Satgas Petik Bintang, di mana dengan keberadaan selama sebulan terakhir menjadi dorongan masyarakat untuk mau kembali ke rumah masing-masing.

“Saya ucapkan terimakasih, dengan keberadaan Satgas. Dalam jangka waktu beberapa hari kedepan mungkin akan ada warga yang kembali ke rumah mereka. Pemda bertanggung jawab dan percaya bahwa masyarakat tidak terlibat dalam hal apapun, sehingga harus mendapat rasa aman kembali”, ucapnya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat yang akan kembali ke rumah masing-masing agar tetap tinggal berkelompok untuk memudahkan pengawasan dan keamanan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat, kami harap lihat rumah yang ada dan berkelompok dulu untuk sementara waktu sehingga dapat memudahkan pengawasan dari pihak keamanan,”pungkasnya..

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi, S.Ik.,M.H. membenarkan pemulangan pengungsi tersebut setelah ia mengkonfirmasi Ka Opsda Operasi Satgas Petik Bintang Kombes Pol Novia Jaya, S.H., M.M.

“Benar Anggota Operasi Satgas Petik Bintang Polda Papua Barat sedang melaksanakan kegiatan pemulangan pengungsi yang ke-2 kalinya dikampung Ayata Distrik Aifat Timur Kabupaten Maybrat dengan keadaan aman, baik dan selamat,”ucapnya.