Berita

Jika Lelah Berkendara, Pemudik Bisa Istirahat di Pos Terpadu Pangkalan Jati Kalimalang

×

Jika Lelah Berkendara, Pemudik Bisa Istirahat di Pos Terpadu Pangkalan Jati Kalimalang

Sebarkan artikel ini
Petugas yang siap melayani pemudik Lebaran 1444H di Pos Terpadu Pangkalan Jati, Kalimalang, Jakarta Timur, Rabu (19/4/2023). (foto: Morteza Syariati Albanna/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Urusan Pembinaan Operasional Satlantas Jakarta Timur (Jaktim) AKP Danu Prakoso mengimbau kepada para pemudik yang lelah mengendarai sepeda motor, bisa beristirahat di Pos Terpadu Pangkalan Jati, Kalimalang, Jaktim.

Selain beristirahat, di Pos Terpadu Pangkalan Jati ini pemudik juga bisa memeriksa kesehatannya sebelum melanjutkan kembali perjalanan mudik ke kampung halaman.

“Kita siapkan di pos terpadu ini, kami persilakan pemudik khususnya bagi pengendara sepeda motor yang akan beristirahat, kita siapkan,” kata AKP Danu saat ditemui TeropongNews di Pangkalan Jati, Jakarta Timur, Rabu (19/4/2023) malam.

“Lalu, di sini juga ada toilet portable yang disiapkan dari kecamatan,” ujar dia lagi.

Mengingat saat ini masih bulan Ramadan, di pos terpadu ini juga disiapkan takjil atau makanan bagi para pemudik yang ingin berbuka puasa. Namun, dalam pantauan AKP Danu, sejauh ini banyak pemudik memilih tancap gas langsung dari rumahnya setelah waktu saum.

“Setelah salat magrib ataupun isya, masyarakat itu start dari rumah masing-masing (mudik),” ujarnya.

AKP Danu pun menjelaskan, terdapat empat pos pengamanan atau pospam di sepanjang Jalan Raya Kalimalang. Tiga di antaranya merupakan pos pantau. Sementara satu lagi adalah pos terpadu.

Dikatakannya, pospam itu didirikan di traffic light (TL) Universitas Borobudur, TL Radin Inten, dan TL Haji Naman.

“Satu pos terpadu ada di Pangkalan Jati,” ucapnya.

AKP Danu menerangkan, pos terpadu ini didirikan per Selasa (18/4/2023) kemarin, setelah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengumumkan perihal pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

Adapun pihak-pihak yang bersiaga di Pos Terpadu Pangkalan Jati ini di antaranya melibatkan pihak polsek, satuan polisi pamong praja (Satpol PP), TNI, dinas perhubungan (Dishub), Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Damkar, hingga Pramuka.

“Kita bersinergi, bergabung dengan jajaran rekan-rekan yang lain,” ujar AKP Danu.

Hingga Rabu malam ini, menurut dia, belum terlihat adanya kemacetan di wilayah Pangkalan Jati, Kalimalang. Dalam pantauannya, pemudik yang mendominasi jalanan ialah pengendara roda dua atau motor.

“Yang akan mudik ke arah Bekasi, Karawang, dan ke arah Jawa,” tutur AKP Danu Prakoso.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD