Berita

Jelang Mudik Lebaran 1444 H, Kemenhub Tak Akan Layani Pembelian Tiket di Pelabuhan Merak

×

Jelang Mudik Lebaran 1444 H, Kemenhub Tak Akan Layani Pembelian Tiket di Pelabuhan Merak

Sebarkan artikel ini
Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, di DPR Senayan, Jakarta, Kamis (6/4/2023). (Foto: Mohammad Ivan/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerapkan pembelian tiket online untuk pemudik yang ingin menggunakan transportasi kapal laut di Pelabuhan Merak maupun Ciwandan.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan pihaknya tidak melayani pemudik yang nekat membeli tiket kapal laut di Pelabuhan langsung, pembelian tiket hanya akan dijual melalui aplikasi resmi kemenhub.

“Tahun ini tidak adalagi pembelian on the spot atau offline, semuanya harus melalui aplikasi atau online,” ucapnya, Jumat (7/4/2023).

“Disuruh beli ditempat ngantri gamau, tetep ngeyel masuk, pihak kepolisian gak tega mau nindak, akibatnya di pintu gerbang Pelabuhan numpuk semuanya dan belum pegang tiket,” sambungnya.

Adita menjelaskan saat ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menaikan harga tiket bagi pemudik yang nekat beli di hari keberangkatan.

“Kalau hari H dia belum beli tiket tetep belilah secara online, pak Menteri sudah minta kalau belinya di hari H harganya lebih mahal,” jelas Adita Irawati.

Adita berharap penjualan tiket secara online diharap efektif untuk menanggulangi penumpukan kendaraan pemudik nantinya. Hal ini penting, sebab Kemenhub dapat mengetahui volume kendaraan lebih awal.

“Ini untuk buat orang jangan beli tiket di hari H supaya kita bisa prediksi berapa volume yang akan jalan di tiap hari,” tukas Anita Irawati.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD