Berita

Habib Rizieq: Tidak Usah Kita Ribut-ribut soal Lebaran Jumat atau Sabtu

×

Habib Rizieq: Tidak Usah Kita Ribut-ribut soal Lebaran Jumat atau Sabtu

Sebarkan artikel ini
Eks pentolan FPI Habib Rizieq Shihab. (foto: ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Beredar video eks pentolan FPI Habib Rizieq Shihab membahas soal 1 Syawal Hari Raya Idulfitri atau Lebaran 2023 jatuh pada Jumat (21/4/2023) atau Sabtu (22/4/2023).

Seperti diketahui, Muhammadiyah menetapkan dari jauh-jauh hari 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Jumat (21/4/2023). Sementara, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan 1 Syawal H pada Sabtu (22/4/2023).

Dia menyarankan ke masyarakat yang tak mengerti soal metode hisab, ruqyat, dan falak, lebih baik mengikuti pengumuman pemerintah Joko Widodo (Jokowi) supaya tidak dipusingkan ihwal Lebaran tahun 2023 ini akan jatuh Jumat atau Sabtu. Sebab, belum terlihatnya hilal tiga derajat.

“Tapi bagi yang mengerti hisab, dia punya hak untuk mengikuti hisabnya. Bagi yang paham ruqyah dan me-ruqyah, dia punya hak untuk mengikuti ruqyahnya, enggak boleh diganggu oleh siapapun, termasuk Pemerintah sekalipun. Cuma saran boleh diterima boleh ditolak,” kata Habib Rizieq dikutip dari video viral beredar di Twitter, Jumat (21/4/2023).

Menurut dia, ada umat Islam di Indonesia yang melaksanakan Salat Id pada Jumat. Sementara ormas keagamaan lainnya, Lebaran pada Sabtu, mengikuti pengumuman pemerintah.

5183
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Tapi kalau pemerintah mengumumkannya Sabtu. Kita buka puasanya Jumat. Lebarannya tetap Sabtu. Ya takbirannya ikut malam Sabtu. Salat Id ikut hari Sabtu. Lebarannya ramai-ramai hari Sabtu. Jadi masyarakat tidak bingung,” ucapnya.

“Itu kalau pemerintah mengumumkan hari Sabtu, kita bareng salat Id-nya, bareng Lebarannya, bareng aman enggak? tenang enggak? Apa perlu kita ribut-ribut? Tidak usah,” kata Habib Rizieq menyarankan.