Berita

Pengurus KAMI FISIP UBK Resmi Dilantik, Dorong Kolaborasi Antara Kampus dan Mahasiswa

×

Pengurus KAMI FISIP UBK Resmi Dilantik, Dorong Kolaborasi Antara Kampus dan Mahasiswa

Sebarkan artikel ini
Pengurus KAMI FISIP UBK bersama Dekan FISIP UBK saat menemui wartawan di Aula Ir. Soekarno, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023). (Foto : Pierre Ombuh/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Sosial Ilmu (KAMI FISIP) Universitas Bung Karno (UBK) periode 2022-2025 resmi dilantik di Aula Ir. Soekarno, di Jalan Kimia, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

Dalam sambutannya, Ketua Umum KAMI FISIP UBK Christofel Nalenan mengatakan, di usia yang sangat matang, yakni 25 tahun (UBK berdiri pada 25 Juni 1999), sudah selayaknya UBK memiliki organisasi alumni yang dikelola secara serius dan profesional.

Hal ini juga agar mendorong para alumni untuk bisa menjadi jembatan kolaborasi dengan pihak kampus dan mahasiswa aktif. Apalagi mahasiswa tersebut akan melanjutkan tongkat estafet untuk kepegurusan selanjutnya.

“Kolaborasi atau gotong royong yang baik ini diharapkan mampu membawa seluruh civitas UBK lebih mewarnai perjalanan bangsa ini untuk mencapai bangsa yang sejahtera,” kata Chris dalam sambutannya.

Disisi bersamaan Dekan FISIP UBK Franky P Roring menjelaskan pengukuhan ini untuk membangun sebuah sinergi antara almamater, alumni dan mahasiswa supaya mahasiswa dan almamater paham apa yang sesungguhnya diinginkan oleh masyarakat, dunia kerja dan bisnis, karena para alumni telah turun ke masyarakat.

“Institusi pendidikan bukan institusi yang paling tahu, sehingga perlu bersinergi dengan alumni,” katanya.

Untuk itu Franky mendorong KAMI FISIP UBK dapat menjadi wadah untuk menginformasikan seberapa besar UBK telah memberikan putra-putra terbaiknya kepada masyarakat dan bangsa ini.

“Saat ini sudah banyak sekali alumni UBK yang diberi kepercayaan untuk memimpin, baik di pemerintahan maupun di swasta, dan pertemuan ini sebagai awal bahwa tidak boleh ada lagi alumni yang berjuang sendirian. Kampus-kampus lain membangun jaringan dengan para alumni, dan alumninya hebat-hebat. Untuk itu, kita harus membangun jaringan,” katanya

Senada akan hal itu, Warek 3 UBK, Rinaldi Agusta Fahlevie berkata peran alumni sangat penting untuk berada di kampus, ini sebagai bentuk kontribusi dengan civitas akademika. Karena secara moral mereka memiliki keterikatan, mengingat pernah menimbah ilmu di kampus UBK sebelumnya.

“Oleh karena itu, alumni tentunya dapat memberikan supporting bagi kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, karena kegiatan alumni ini yang sudah tersebar ke berbagai profesi, tentunya menjadi inspirasi buat mahasiswa yang masih berkuliah,” kata Rinaldi.

Christofel mengakui kalau selama ini sebelum KAMI FISIP UBK dikukuhkan, para alumni berjuang masing-masing secara profesional dalam merintis karir yang tersebar dibeberapa giat pekerjaan seperti perusahaan nasional, swasta maupun dimedia.

“Dengan adanya pengukuhan ini, kita akan membentuk jaringan agar tak ada lagi alumni UBK yang berjuang sendirian,” katanya.

Christofel yg juga merupakan Pengurus olahraga panahan di tingkat nasional ini menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan program jangka pendek dan menengah. Jangka pendeknya adalah membuat sarana komunikasi dengan para alumni melalui platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan lainnya, serta mengelola bidang olahraga seperti panahan, sepakbola dan lainnya.

“Untuk jangka menengah, kita akan mengumpulkan data-data para alumni untuk dibuat database,” katanya

Pengukuhan oleh Wakil Rektor (Warek) 3 UBK Rinaldi Agusta Fahlevie tersebut antara lain dihadiri Dekan FISIP UBK Franky Paulus Roring dan BEM FISIP UBK serta Mahasiswa FISIP UBK.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD