Berita

Jokowi Segera Lantik Menpora dan Kepala BNPT yang Baru

×

Jokowi Segera Lantik Menpora dan Kepala BNPT yang Baru

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers soal Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Kamis (30/3/2023). (foto: tangkapan layar).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan rencananya pada pekan depan atau awal April 2023 ia akan melantik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Minggu depan,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan dikutip TeropongNews di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Diketahui, kursi Menpora kosong setelah ditinggalkan Zainudin Amali yang memilih menjadi Wakil Ketua Umum I PSSI. Sementara Kepala BNPT Boy Rafli Amar akan memasuki usia pensiun.

Mengenai hal itu, Presiden Jokowi enggan mengungkap siapa sosok yang dipilihnya untuk mengisi kekosongan pos Menpora dan Kepala BNPT yang baru.

Ketika ditanya lebih lanjut apakah pelantikan kepala baru BNPT berbarengan dengan pelantikan menpora pengganti Zainudin Amali, Jokowi juga menjawab singkat.

5186
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Nanti minggu depan,” ucap Jokowi singkat.

Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menpora pada awal Maret 2023, setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI periode 2023-2027.

Tugas dan tanggung jawab Menpora untuk sementara diemban oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy selaku Pelaksana Tugas (Plt) Menpora.

Sementara, Komjen Pol. Boy Rafli Amar memasuki masa pensiun pada Maret 2023 karena usianya sudah 58 tahun. Boy dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT pada 6 Mei 2020 menggantikan Komjen Pol. Suhardi Alius.

Boy Rafli lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1988. Sebelum menjadi Kepala BNPT, dia pernah mendapat beberapa posisi penting, seperti wakil kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, kepala Divisi Humas Polri, Kapolda Banten, hingga Kapolda Papua.

Boy Rafli Amar pun telah dimutasi oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Perwira Tinggi (Pati) Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri.