Berita

Unik! Ada Motor Vespa Jadul Elektrik di IIMS 2023

×

Unik! Ada Motor Vespa Jadul Elektrik di IIMS 2023

Sebarkan artikel ini
Motor Vespa Elektrik PLN dari Kementerian ESDM di IIMS 2023, JIExpo Kemayoran, Senin (20/2/2023). Foto: Ivan/TN.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Penampakan unik terlihat di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Terlihat motor Vespa klasik jenis PX dan PS hingga PTS dengan mesin elektrik yang di pamerkan Booth Perusahaan Listrik Negara (PLN) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Pasalnya motor scooter yang berbahan bakam minyak ini dikonversi menjadi kendaraan elektrik.

Staff Penelitian dan Pengembangan PLN, Hendro menjelaskan produksi motor Vespa Elektrik lahir berkat kerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Untuk konversinya PLN tidak menyediakan jasa, tapi kita rekomendasikan ada bengkel yang bisa melakukan konversi tersebut, contohnya di kementerian ESDM Bimtek. Kementerian ESDM sejenis bengkel, jadi kalau minat langsung lari kesana,” ujar Hendro, di Kemayoran, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Lebih rinci Hendro menjelaskan mesin elektrik yang terdapat pada motor Vespa dapat di pacu pada kecepatan maksimal 80 Km/h dengan jarak tempuh 50 Kilometer. Untuk masyarakat yang ingin memiliki motor Vespa elektrik, bisa merogoh kocek sebesar Rp23 Juta sudah termasuk baterai daya dan alat penambah daya.

5420
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Untuk biaya konversinya Rp15 juta dan untuk baterainya di harga Rp7-8 juta, jadi totalnya Rp23 Juta dengan asumsi motor punya pemilik sendiri, dengan kapasitas baterai maksimal kecepatan 80 kilometer dengan jarak tempuh 50 kilometer,” terangnya.

Hendro berpesan masyarakat tak perlu khawatir untuk pengisian daya motor Vespa Elektrik ini bisa dilakukan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan di kantor PLN pusat di Jalan Trunojoyo, Blok M, Jakarta Selatan.

“Untuk nambah dayanya bisa dilakukan dirumah. Kita juga sudah bekerja sama dengan Pertamina dan di kantor PLN pun sudah banyak,” paparnya.