BeritaDaerahPemerintahan

Kepala Dinas P2KP Provinsi PBD Buka Kegiatan Sosialisasi Gerakan Nasional BCL 2024 di SUPM Sorong

×

Kepala Dinas P2KP Provinsi PBD Buka Kegiatan Sosialisasi Gerakan Nasional BCL 2024 di SUPM Sorong

Sebarkan artikel ini
Instansi-instansi Kementrian Perikanan dan Dinas Perikanan Provinsi serta Dinas Perikanan dan DLH Kota Sorong, Foto Doni/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Sorong bekerja sama dengan Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, DJPKRL, KKP, SUPM Sorong dan Penyuluh Perikanan Kota Sorong mengadakan Sosialisasi Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut 2024 bertempat di SUPM Sorong, Selasa (30/4/2024).

Kegiatan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut yang disingkat BCL mendapat dukungan penuh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat Daya, Dinas Perikanan Kota Sorong, Dinas Lingkungan Hidup Kota Sorong.

Gulam Arafat, S.Kel, M.I.L Ketua Pelaksana Bulan Cinta Laut BCL 2024 mengapresiasi tingginya antusiasme dari para pemangku kepentingan yang ada di Provinsi Papua Barat Daya terlebih khususnya Kota Sorong.

“Dari awal koordinasi, kami sangat terbantu oleh teman-teman dari SUPM Sorong, DKP Provinsi Papua Barat Daya, DLH Kota Sorong, Dinas Perikanan Kota Sorong, dan teman-teman penyuluh tentunya yang menjadi ujung tombak serta penyambung lidah ke masyarakat,” ujarnya

Menurut Gulam, kegiatan ini ditargetkan kepada nelayan Kota Sorong sebagai peserta dalam kegiatan bersih laut dalam rangkaian kegiatan Bulan Cinta Laut.

Foto. Nelayan Peserta BCL dan Instansi kementrian Perikanan yang ada di kota Sorong.

Kegiatan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut Tahun 2024 (Gernas Bulan Cinta Laut) ini diinisiasi sebagai salah satu bentuk upaya implementasi strategi ekonomi biru untuk menjaga ekologi dan kesehatan laut. Upaya ini dilaksanakan bersama nelayan sebagai aktor utama yang berpartisipasi melaut sambil mengambil sampah laut.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di 3 tempat yang berbeda yaitu Sorong, Ternate dan Ambon. Di Sorong sendiri kegiatan diikuti oleh 60 nelayan sebagai peserta yang berasal dari berbagai kelompok nelayan yang ada di kota Sorong dan 13 Peserta dari Instansi.

Pada saat sosialisasi, Ketua Tim Kerja Pelayanan Pemanfaatan Ruang Laut, Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (Loka PSPL) Sorong. Gulam Arafat, S.Kel, M.I.L., dalam sambutannya menyatakan dukungannya terkait gerakan cinta laut yang di canangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ia menyebutkan bahwa salah satu permasalahan laut saat ini terkait Pencemaran sampah di Laut.

Selanjutnya Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (P2KP), Provinsi Papua Barat Daya, Absalom Solossa S.Pi, MM., memberikan sambutan dan membuka acara Bulan Cinta Laut 2024 di Kota Sorong.

Absalom menyatakan DKP Provinsi Papua Barat Daya mendukung penuh pelaksanaan ini dan berharap kegiatan ini berkesinambungan dan tidak hanya dilakukan selama satu bulan saja. Absalom juga berharap adanya dukungan dari berbagai pihak, terutama pihak perusahaan yang melakukan kegiatan di Perairan Papua Barat Daya.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (P2KP) Provinsi Papua Barat Daya l, Absalom Solossa, S.Pi,. MM menjadi narasumber pertama dalam kegiatan Sosialisasi Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut 2024.

Materi kedua disampaikan Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Sorong, Demianus Tenauw. Sementara pemateri ketiga di sampaikan Ketua Tim Kerja Pelayanan Pemanfaatan Ruang Laut, Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (Loka PSPL) Sorong, Masrul

Pemaparan materi berlangsung lancar dan tertib mendapat antusiasme dari masyarakat. Bahkan salah seorang Nelayan mengapresiasi kegiatan ini, ada juga masyarakat yang mengeluh terkait maraknya aktifitas masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Warga berharap melalui kegiatan BCL Tahun 2024 mampu mengubah pola pikir dan pola hidup masyarakat. Kegiatan ditutup dengan pembagian alat kebersihan oleh panitia kepada nelayan yang akan melaksanakan kegiatan BCL di wilayah Kota Sorong.