Berita

Pilot Susi Air Philip Mehrtens Disandera KKB Pimpinan Egianus Kogoya

×

Pilot Susi Air Philip Mehrtens Disandera KKB Pimpinan Egianus Kogoya

Sebarkan artikel ini
Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Egianus Kogoya. (foto: ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Keberadaan pilot pesawat Susi Air, Philip Mehrtens sudah diketahui, dirinya diduga disandera. Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri menyebut pilot berkebangsaan Selandia Baru itu saat ini bersama Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

“Memang benar pilot tersebut bersama kelompok KKB pimpinan Egianus di Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan,” kata Irjen Fakhiri kepada wartawan dikutip Teropongnews di Jakarta, Selasa, (14/2/2023).

Kendati begitu, kata Irjen Fakhiri, pihaknya belum mengetahui lokasi detail Philip Mehrtens ada di mana, begitu pun dengan kondisinya. Dia hanya memastikan bahwa pilot Susi Air tersebut saat ini berada di tangan KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Irjen Fakhiri pun mengaku masih terus menunggu informasi dari tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat yang diturunkan penjabat Bupati Nduga ke Paro.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada hasil. Mereka masih berada di jalan. Karena untuk mencapai Paro, harus melintasi sungai yang cukup lebar,” ucapnya.

5183
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Selain mengirimkan tim, kata Irjen Fakhiri, Pemkab Nduga juga diminta untuk aktif berkomunikasi dengan melibatkan pelbagai pihak, termasuk para wakil rakyat guna mengetahui apa yang menyebabkan Egianus Kogoya berulah membakar pesawat Susi Air.

Irjen Fakhiri pun memastikan bahwa TNI-Polri bersama Satgas Damai Cartenz tidak akan mundur untuk melakukan operasi pembebasan pilot Susi Air. Namun, kata dia, hal ini tentunya harus dilakukan ekstra hati-hati demi keselamatan Philip.
Maka itu pihaknya saat ini lebih mengedepankan peran para tokoh dan pemda setempat.

Seperti diketahui, KKB pimpinan Egianus Kogoya, Selasa (7/2/2023) dilaporkan membakar pesawat milik Susi Air yang dikemudikan pilot berkebangsaan Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens.