Berita

Jokowi Minta Erick Thohir Lakukan Reformasi Persepakbolaan Nasional

×

Jokowi Minta Erick Thohir Lakukan Reformasi Persepakbolaan Nasional

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah), Waketum I PSSI Zainuddin Amali (kiri), dan Waketum II PSSI Ratu Tisha (kanan). (foto: Twitter/PSSI).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap terpilihnya ketua umum (ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indinesia (PSSI) yang baru Erick Thohir dapat menciptakan reformasi secara menyeluruh pada persepakbolaan di Tanah Air.

Presiden menyebut, dengan perubahan tersebut diharapkan dapat semakin memunculkan potensi persepakbolaan Indonesia.

“Yang paling penting ada sebuah perubahan, ada sebuah reformasi total, ada sebuah transformasi,” ucap Presiden dalam keterangannya usai menghadiri acara Puncak Hari Lahir ke-50 Tahun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (17/2/2023).

Lebih lanjut, Jokowi menginginkan PSSI dapat memiliki perencanaan serta peta jalan sepak bola Indonesia yang jelas untuk mencapai target jangka menengah hingga jangka panjang.

“Ini betul-betul nanti tahap demi tahap bisa kemajuannya kelihatan, road map-nya juga kelihatan, perencanaannya kelihatan mau apa dalam 50 tahun, mau apa dalam 25 tahun,” ucapnya.

5180
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

RI-1 itu menilai dengan memiliki perencanaan yang jelas dan baik, hal tersebut akan memajukan persepakbolaan Indonesia.

“Semuanya harus terencana secara detail kalau mau sepak bola kita maju,” tegasnya.

Selain itu, Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur pendukung juga tidak kalah penting, khususnya pembangunan basecamp yang lengkap. Menurutnya, hingga saat ini fasilitas tersebut belum dimiliki oleh PSSI.

“Kita kan sampai sekarang enggak punya basecamp yang memiliki, saya waktu ngomong-ngomong dengan Shin Tae Yong butuh lima lapangan dalam satu lokasi, ada penginapan ada kolam renangnya untuk olahraga, pemain-pemainnya,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Erick Thohir resmi terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027. Menteri BUMN tersebut mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.
Pada pemilihan Ketum PSSI melalui mekanisme Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-la, Jakarta, Kamis kemarin, Erick memperoleh 64 suara voters. Sedangkan pesaingnya Aa La Nyalla Mattalitti meraih 22 suara. 
Sedangkan Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi tidak memperoleh satu pun suara. Sementara, Fary Djemy Francis mengundurkan diri dari calon ketua umum, wakil ketua umum, dan Exco.

Kemudian, Menpora Zainudin Amali dan Ratu Tisha terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Diketahui, pemilihan Waketum dilakukan dua kali setelah ada indikasi dugaan kecurangan. 

Dalam pemilihan Waketum PSSI yang pertama, Amali mendapatkan 66 suara, Yunus Nusi 63 suara, lalu Ratu Tisha mendapat dukungan dari 41 voters.
Dalam pemilihan ulang Waketum PSSI, Amali meraih 44 suara. Sementara Ratu Tisha Destria meraih 54 suara, satu suara di atas Yunus Nusi yang meraih 53 suara.

Namun, Zainudin Amali tetap menjadi Waketum setelah Yunus Nusri pilih mengundurkan diri. 
Sementara pemilihan komite eksekutif (exco) PSSI periode 2023-2027 juga dilakukan pada Kamis (16/2/2023) kemarin.

Calon yang mendapat suara terbanyak dari voter dalam KLB PSSI ini otomatis dinyatakan sebagai terpilih. 

Berikut daftar lengkap Ketua Umum, Waketum PSSI, dan exco yang merupakan pengurus PSSI 2023-2027 yang terpilih di KLB PSSI:
1. Ketua Umum PSSI: Erick Thohir

2. Wakil Ketua Umum I PSSI: Zainuddin Amali

3. Wakil Ketua Umum II PSSI: Ratu Tisha Destria

Anggota Exco PSSI terpilih adalah:
1. Eko Setiawan 

2. Endri Erawan 

3. Juni Rahman 

4. Muhammad 

5. Rudi Yulianto

6. Sumardji 

7. Vivin Cahyani 

8. Pieter Tanuri 

9. Arya Mahendra Sinulingga 

10. Khairul Anwar 

11. Ahmad Riyadh 

12. Hasnuryadi