Berita

Vidio Aksi Bupati Kaimana Berenang Bersama Hiu Paus Mendapat Kecaman Nitizen

×

Vidio Aksi Bupati Kaimana Berenang Bersama Hiu Paus Mendapat Kecaman Nitizen

Sebarkan artikel ini
Foto Screenshot Bupati Kaimana Saat berinteraksi Langsung Dengan Hiu Paus Di Perairan Kaimana. Foto Ist / TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Aksi Bupati Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat, Freddy Thie berenang bersama hiu paus dalam dua Vidio berdurasi masing-masing 0,25 detik dan 0,20 detik mendapat kecaman dari Netizen.

Dua video tersebut di ketahui dari unggahan media sosial Facebook Sinergi Rakyat Untuk Alam Kaimana (Sinara Kaimana) Senin, (2/01/2023) sekitar pukul 15:30 WIT. Dalam Vidio berdurasi 0,25 detik itu, Orang nomor satu di kabupaten Kaimana terlihat berenang disekitar seekor hiu paus dan sesekali mencoba memeluknya sambil mengatakan keberadaan hiu paus tersebut tidak jauh dari pelabuhan Kaimana, disebutkan tidak jauh dari pelabuhan Kaimana pasalnya hiu paus jenis raksasa tersebut berada sekitar tiga kilo meter dari pelabuhan Kaimana dan berkumpul di sekitar bagan apung.

“Paus ini tiga kilo dari pelabuhan Kaimana, waktu musim barat paus ini akan berkumpul di sekitar bagan,” ujar Freddy Thie dalam vidio berdurasi 0,25 detik itu.

Dalam Vidio tersebut, Bupati Kaimana Freddy Thie menyebut ada sekitar 17 ekor hiu paus yang berada di laut Kaimana, jika ingin berenang bersama hiu paus maka datanglah ke Kabupaten Senja Indah di Kaimana.

“Ini ada sekitar 17 ekor yang ada di laut Kaimana, kalau renang dengan hiu paus datang ke kaimana,” lanjutnya dalam Vidio tersebut

Vidio tersebut beredar di media sosial dan mendapat kecaman dari banyak kalangan pecinta alam Kabupaten Kaimana, salah satunya akun Facebook komunitas Sinergi Rakyat Untuk Alam Kaimana (Sinara Kaimana). Dalam unggahan akun Sinara Kaimana, kelompok komunitas alam untuk Kaimana ini menyayangkan perlakuan orang nomor satu di kabupaten Kaimana yang tidak seharusnya mempertontonkan hal tersebut kepada publik sebab Kabupaten yang dijuluki sebagai Kota Senja itu direncanakan untuk dijadikan Kaimana sebagai destinasi wisata unggulan hiu paus yang mendunia.

“Pak Bupati yang terhormat, Apa yang bapak lakukan dan pertontonkan ini kontraproduktif dengan rencana menjadikan Kaimana sebagai destinasi wisata unggulan dan mendunia,” tulis akun komunitas Sinara Kaimana.

Menurut komunitas pecinta alam, Perilaku Bupati Kaimana Freddy Thie yang mempertontonkan dirinya didalam air sambil memeluk hiu paus sangat bertentangan dengan peraturan yang berlaku “perilaku bapak Bupati menabrak KEPMEN KP 18 Tahun 2013 tentang Perlindungan Hiu Paus dan Keputusan Dirjen PRL No. 41 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Wisata Hiu Paus,” tulis komunitas pecinta alam bernama Sinara Kaimana.

Selain komunitas pecinta alam, salah satu warga pecinta alam yang namanya tidak disebutkan melalui pesan WhatsApp Senin (02/01/2023) malam kepada media ini mengatakan Bupati Kaimana Freddy Thie pada tahun 2021 silam perna mengeluarkan statemen di salah satu media online yang isinya mengecam salah satu warga yang pada saat itu berinteraksi langsung dengan hiu paus. Masih kata dia, Kecaman Bupati terhadap warga masyarakat tersebut justru sebaliknya Bapak Bupati sendiri yang melalukan hal yang hampir mirip yaitu berenang bersama atau berinteraksi langsung dengan hiu paus.

“pada tahun lalu (tahun 2021 red) beliau pernah mengecam salah satu masyarakat yang melakukan interaksi dengan hiu paus yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, namun sayang justru beliau malah melakukan hal yang hampir mirip,” isi pesan WhatsApp warga yang tidak ingin disebutkan namanya itu.

Komunitas pecinta alam kaimana pun meminta agar admin segera mengklarifikasi dua Vidio berdurasi masing-masing 0,25 detik dan 0,20 detik tersebut, Akun Sinara Kaimana pun meminta agar postingan tersebut segera di hapus baik Facebook maupun Instigram.

“Semoga bapak atau admin bapak dapat membuat klarifikasi dan menghapus postingan terkait baik di akun Facebook maupun Instagram,” tulis Komunitas Sinara Kaimana memohon agar postingan tersebut segera di hapus.

Sebagai tokoh publik, seharusnya dapat memberikan contoh yang baik dan benar agar dapat dicontoh dan dipatuhi oleh masyarakat. Apalagi sang tokoh publik tersebut menargetkan daerahnya sebagai destinasi wisata unggulan.

Bupati Kaimana Freddy Thie yang di konfirmasi melalui WhatsApp selasa, (3/01/2023) pagi hingga berita ini di tayangkan, pesan chat hanya tercontreng dua dan tidak ada balasan.

Sebelumnya staff khusus Bupati Kaimana, Dean yang di konfirmasi Senin malam melalui WhatsApp menjelaskan Bupati Kaimana Freddy Thie akan memberikan keterangan secara resmi pada hari ini, Selasa (3/01/2023) melalui fanpage pribadinya.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD