Berita

Sulaeman Hamzah Serahkan 146 Alsintan Aspirasi Tahun 2022

×

Sulaeman Hamzah Serahkan 146 Alsintan Aspirasi Tahun 2022

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Merauke H. Riduwan mendampingi H. Sulaeman L Hamzah menyerahkan bantuan Alsintan secara simbolis kepada kelompok tani.Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem Dapil Papua, H. Sulaeman L Hamzah serahkan 146 unit Alsintan yang tersebar di 30 kampung dari 6 distrik di Kabupaten Merauke.

Bantuan Alsintan diserahkan terpusat di daerah Cikombong kepada kelompok tani Merauke. Jenis Alsintan yang diserahkan ada empat unit traktor roda empat, traktor roda dua 48 unit, pompa air 4 inc 21 unit, 8 unit pompa air 6 inci, Handsprayer 45 unit, motor roda 3 sebanyak 7 unit, 8 unit combine harvester, 3 unit power threser multiguna, 1 drayer dan 1 unit rice milling unit (RMU) penggilingan padi.

“Sejak tahun 2015 sudah 1000 lebih bantuan Alsintan untuk Kabupaten Merauke. Selain itu, dari Kementrian Pertanian melalui aspirasi telah turunkan program pekarangan pangan lestari (P2L), unit pengolahan pupuk organik (UPPO), bantuan ternak sapi, kambing, kampung buah dan lainnya,” ujar H. Sulaeman, Rabu (22/12/2022).

Foto bersama Anggota DPR, Wakil Bupati Merauke dan kelompok tani penerima bantuan Alsintan aspirasi 2022.

Besar harapannya semua bantuan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh petani maupun masyarakat penerima manfaat lainnya. Tak lupa dirinya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak baik Pemerintah Daerah, para kelompok tani dan masyarakat yang sudah mendukung sehingga program yang diturunkan dari pusat berjalan baik. Sekaligus ia tetap berharap agar kerjasama dan kolaborasi yang baik ini terus berjalan untuk kemajuan petani dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Papua Selatan.

“Setiap kali saya turun reses pasti ada usulan dari masyarakat. Kesungguhan saya setelah saya terima aspirasi, saya harus perjuangkan,” sambung H. Sulaeman.

Namun, sebelum sampai kepada petani, bantuan Alsintan membutuhkan proses yang panjang. Penjaringan aspirasi dilakukan saat turun reses kemudian dilanjutkan ke tingkat kementrian terkait dengan berbagai tahapan hingga kembali dibawa ke daerah.

“Kami mengharapkan semua program yang sudah diberikan harus dirawat dengan baik. Saya sebagai Direktur Rumah Aspirasi punya tanggung jawab untuk melaporkan semua program aspirasi,” ucap Direktur Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah sekaligus Anggota DPR Provinsi Papua, Fraksi NasDem Fauzun Nihayah.

Sangat disesalkannya ketika masih ditemukan oknum petani menggunakan Alsintan secara pribadi bukan kelompok. Untuk itu kembali ditegaskan kepada kepala kampung untuk ikut mengawas dan melaporkan penyalahgunaan Alsintan. Konsekuensinya, alat akan ditarik kembali dan dipindahkan ke kelompok lain.

Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan menyampaikan apresiasi kepada H. Sualeman berkolaborasi dengan Anggota DPR Papua Fauzan Nihayah yang telah menurunkan banyak Alsintan untuk kepentingan petani Merauke.

“Ini sangat luar biasa, karena tidak semua anggota DPR mempunyai program yang langsung kepada masyarakat. Bapak H. Sulaeman ini dari dulu konsisten membantu masyarakat secara bertahap,” kata Wabup Merauke.

Kesempatan yang sama Wabup mengharapkan agar kepala kampung dapat mengalokasikan sebagian dana kampung untuk memperbaiki Alsintan yang rusak, sehingga dapat dimanfaatkan kembali setelah ada perbaikan. Sebab, sangat disayangkan ketika peralatan mesin pertanian tersebut ditinggal begitu saja saat mengalami kerusakan pada bagian tertentu.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD