Berita

Sambut HUT RI ke-77, Paroki St. Arnoldus Janssen Malanu Gelar Berbagai Lomba

×

Sambut HUT RI ke-77, Paroki St. Arnoldus Janssen Malanu Gelar Berbagai Lomba

Sebarkan artikel ini
Lomba balap karung yang digelar Paroki Santo Arnoldus Janssen Malanu kota Sorong. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dalam rangka menyambut Hari Ualang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, umat Paroki Santo Arnoldus Janssen Malanu Kota Sorong menggelar berbagai kegiatan lomba.

Berbagai perlombaan itu diikuti oleh peserta mulai dari anak anak, remaja, muda-mudi hinggakaum ibu dan bapak umat Paroki Santo Arnoldus Janssen Malanu.

Jermias Gembenop selalu ketua dewan Paroki Santo Arnoldus Janssen Malanu Kota Sorong usai membuka kegiatan lomba, Minggu (31/7/2022) mengatakan, perlombaan yang digelar adalah sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap para pahlawan nasional yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Kegiatan ini tidak lain untuk mengajak generasi dan juga mengajak umat sekalian untuk senantiasa memaknai arti perjuangan para pendahulu kita, bahwasanya kita hidup bergereja saat ini tidak terlepas dari perjuangan para pendahulu yang rela berkorban materi bahkan jiwa, sehingga kita saat ini kita bisa merasakan suasana yang merdeka dan bebas, “jelasnya.

Ia berharap kepada masyarakat dan umat untuk ikut berpartisipasi dalam rangka memaknai kemerdekaan itu. Sebab menurutnya hidup bergereja dan bernegara merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan

5199
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sementara itu, ketua panitia lomba, Adi Sofian Matandung menjelaskan, lomba yang digelar adalah lomba-lomba 17 Agustus pada umumnya seperti lomba gigit sendok, balap karung, dan makan kerupuk untuk anak-anak.

Selain itu, terdapat jugamba membuat kue untuk ibu-ibu, lomba domino, membuat taman di dua stasi yang diikuti oleh 5 lingkungan, merangkai bunga, lomba Mazmur dan lomba lektor atau pembacaan kitab suci dan juga lomba karaoke.

“Jadi inti daripada lomba-lomba ini adalah untuk mengaktifkan masyarakat atau umat untuk kembali ke gereja. Selain menumbuhkan semangat kemerdekaan, juga tumbuh semangat untuk melayani di dalam gereja, ” ujarnya.

Ia menambahkan, perlombaan tersebut akan berlangsung selama dua Minggu sejak dibuka pada 31 Juli 2022 dan akan berakhir di tanggal 14 Agustus 2022.

“Kemudian nanti di acara penutupan di 17 Agustus, ada jalan santai dan dimeriahkan dengan senam dan penarikan doorprize, ” pungkasnya.