bupati Jayapura, Mathius Awoitauw pada kirab API PON di Sentani, Jayapura, Sabtu ( 2/10/20210).

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Olahraga dan pariwisata dinilai bisa menjadi suatu kekuatan yang baik bagi Papua kedepanya, karena di Papua dua hal inilah sangat kental.
Demikian disampaikan bupati Jayapua, Mathius Awoitauw kepada wartawan Usai mengikuti kegiatan kirab Api PON yang dimulai dari pantai Toware hingga sampai di pantai Khalkote, kemarin siang (2/10/2021).


Orang nomor satu di kabupaten Jayapura juga Ketua Umum Sub PB PON Klaster kabupaten Jayapura itu mengaku, sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat adat yang berada di pesisir danau Sentani, karena antusiasnya mendukung PON sangat nampak, yang mana dapat terlihat dari adanya tari-tarian adat yang ditampilkan dari setiap kampung saat penggelaran api PON berlangsung di danau Sentani.


“Hari ini kita mau tunjukan bahwa olahraga dan juga pariwisata itu bisa menjadi kekuatan untuk Papua kedepannya. Oleh karena itu, hari ini kita tunjukkan itu melalui pagelaran api PON, yang mana hal ini dapat terlihat dari adanya antusias masyarakat di danau Sentani yang memberikan respon positif,” ucap Mathius Awoitauw.


Ditambhakan, pengantaran api PON di danau Sentani dikawal langsung oleh atlet-atlet asal Sentani, yakni Erni Ibo, Kartika Monim, dan Ruli Nere yang mana mereka ini memulai belajar dari kampungnya, yakni salah satunya Kartika Monim yang mulai belajar dayung dari kampungnya, sehingga melalui mereka inilah yang membangkitkan semangat olahraga di kampung.


“Awal di kampung-kampung memiliki keunikannya sediri, yang mana merupakan bagian dari pariwisata, yang sering dikunjungi wisatawan, salah satunya, di kampung Yoboi dan lain sebagainya, dan belakangan ini sudah mulai muncul semangat olahraga melalui atlet-atlet ini. Oleh karena itu melalui api PON ini telah nampak, bahwa olahraga dan pariwisata menjadi suatu kekuatan tersendiri bagi masyarakat Papua, khususnya masyarakat kabupaten Jayapura yang berbeda di pesisir danau Sentani,” ungkapnya.


Mathius optimis masyarakat kabupaten Jayapura pasti bisa menyukseskan penggelaran PON Papua. “Saya yakin PON bisa sukses di kabupaten Jayapura tetapi Papua pada umumnya. Karena dua hal ini suda ada pada masyarakat, untuk itu saya mengajak untuk tetap menjaga kekompakan yang ada, karena kebersamaan merupakan kunci kesuksesan,” paparnya.

Berita lain untuk anda