Kemenhub RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat prestasi atas keberhasilan melakukan pelayanan sandar dan bongkar muat perdana kapal kontainer dengan ukuran besar yang berbobot 3.901 DWT di Pelabuhan Depapre, Rabu (27/1/2021)

TEROPONGNEWS.COM, SENTANI – Kapal kontainer dengan ukuran besar yang berbobot 3.901 DWT berhasil sandar di pelabuhan Depapre, Distrik Depapepe, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (27/1/2021). Momentum penting ini dicatat oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub RI sebagait prestasi pada uji coba saat memberikan pelayanan sandar dan bongkar muat perdana.

Menurut Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Keamanan dan Kemaritiman, Buyung Lalana, SE, dengan hadirnya sebuah kapal kontainer dengan bobot 3.901 DWT yaitu KM. Logistik Nusantara 2 telah berhasil masuk dan sandar di Pelabuhan Depapre dan menjadi peristiwa sejarah di Tanah Tabi khususnya Kabupaten Jayapura Provinsi Papua.


“Hari ini merupakan hari yang sangat penting dalam sejarah Maritim Indonesia, karena telah hadir sebuah kapal dengan melintasi dari selatan Papua sampai ke utara Papua dan begitupun sebaliknya. Yang mana, merupakan bagian program strategis nasional dari bapak Presiden Jokowi yaitu Tol Laut dengan trayek baru dengan tujuan konektivitas bagi wilayah Papua dan juga turunnya disparitas harga bagi masyarakat di wilayah-wilayah tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan (3TP),” ujar Buyung.


Sejumlah pejabat teras turut menyambut kedatangan perdana kapal ukuran jumbo ini diantaranya, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Staf Ahli Multi Moda Transportasi Kementerian Perhubungan RI Chris Kuntadi, Kepala KSOP Kelas II Jayapura Taher Laitupa, Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas I Jayapura Budi Setiawan, Sekda Kabupaten Jayapura Hanna Hikoyabi, Danlanud Silas Papare Kolonel Pnb. Budhi Achmadi, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, Dewan Otoritas Ondoafi/Masyarakat Adat Nauyoserai Tanah Merah serta para pejabat lainnya di Kabupaten Jayapura.


Menurut Buyung Lalana, sejak informasi surplus beras dari hasil pertanian Kelompok Tani Merauke yang mencapai 200 ribu ton pada analisa bulan Juli 2020 lalu dan juga komoditas lainnya di Kabupaten Jayapura seperti hasil pertanian kelapa sawit maupun perikanan, maka pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan terus berkonsentrasi untuk dapat mendistribusikan hasil pertanian yaitu beras ke seluruh wilayah Indonesia agar terjadi keseimbangan dalam ketahanan pangan dan juga permintaan atau penawaran sesuai kebutuhan pasar.

Berita lain untuk anda