Owner RKD Merauke Jasman Tristanto sambil memperlihatkan dua kemasan kopi biji lokal.Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Rumah Kopi D-Waroeng (RKD) Merauke, kini mulai memasarkan komoditas kopi Robusta lokal dari Kampung Seed Agung Distrik Muting.

Owner RKD Jasman Tristanto menyampaikan, setelah mengetahui bahwa Merauke punyai hasil kopi jenis robusta, pihaknya memilih beralih menggunakan produk lokal setelah sebelumnya memasarkan kopi dari luar Papua.

“Olahan biji kopi dari Distrik Muting akan kami pasarkan di Kabupaten Merauke untuk bisa bersaing dengan kopi di wilayah lain,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (05/12/2020) di Kedai RKD.

Ternyata, kualitas kopi lokal ini tidak jauh berbeda dengan kopi yang didatangkan dari luar, tergantung cara penyajiannya. Setelah dilakukan uji coba, hasilnya diterima pelanggan pecinta kopi.

“Kita akan melaunching pada 9 Desember bertepatan dengan hari pemungutan suara Pilkada 2020. Ada promo hingga 75 persen. Yang tadinya harga Rp 20.000 menjadi Rp 9.000,” ucapnya.

Momen tersebut sekaligus mengajak masyarakat tidak golput saat pencoblosan dan setelah itu menikmati promo kopi di RKD sepuasnya karena tersedia banyak varian.

Lanjut diinformasikan, khusus kopi kemasan, dalam satu Kg biji kopi dijual Rp 125.000 namun masih menunggu ijin edar dari Balai POM, sehingga belum dipasarkan secara luas termasuk dalam kemasan bubuk.

“Ini kita lakukan untuk mengangkat hasil lokal Merauke, guna meningkatkan ekonomi dan pendapatan petani kopi,” tutup Jasman.

Berita lain untuk anda