Berita

Kantor Bappenda Kabupaten Jayapura Terbakar

×

Kantor Bappenda Kabupaten Jayapura Terbakar

Sebarkan artikel ini
Kobaran Api yang melumat kantor Bappenda Kabupaten Jayapura

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Kantor Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura yang berdiri satu atap dengan kantor Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu dan Satu Pintu (DPMPTSP) di Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, hangus terbakar, Sabtu (21/11/2020) malam.

Menurut penuturan saksi Viktor Jufuwai selaku Kasubbag Kepegawaian, dirinya sedang berada di kantor untuk bekerja, namun pada saat itu ia melihat ada asap keluar dari kantor tersebut. Mengetahui hal itu, dirinya langsung melaporkan hal tersebut kepada anggota Satpam dan selanjutnya melapor ke anggota Satpol PP yang berada di pos pintu gerbang yang sementara bertugas saat itu.

“Kami belum mengetahui penyebab, tiba-tiba sudah keluar asap dan untuk korban jiwa tidak ada dalam peristiwa kebakaran ini,” ujarnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si, mengatakan masih belum bisa memastikan penyebab kebakaran.

“Belum tau kita penyebab kebakaran, yang jelas kita masih lakukan penyelidikan dulu. Kita belum tau itu, tapi nanti kita kumpulkan bukti-bukti yang ada dan saksi-saksi, kemudian kita memperjelas kejadian tersebut. Tapi, sekarang ini kita baru bahas (lakukan) dulu untuk pemadaman api dan pembasahan, gitu ya,” ujar AKBP Victor Mackbon ketika menghubungi wartawan media online ini, Minggu (22/11/2020) dinihari sekira pukul 01.30 WIT.

5026
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Jadi (kebakaran) ini kita dapat laporan sekitar jam setengah 10 malam (Pukul 21.30 WIT), ada kebakaran di Dinas Pendapatan Kabupaten Jayapura ya, kemudian kita merespon dari Polres Jayapura dengan mengirimkan peralatan memadamkan api, namun api memang sudah membesar sehingga kita meminta bantuan dari pihak pemadam kebakaran bandara dan juga pemadam kebakaran Pemda. Sampai saat ini masih lakukan pemadaman api, belum tahap pembasahan,” sambungnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan media online ini dari pihak Kepolisian, api melumat bangunan bertingkat dua milik Bappenda Kabupaten Jayapura yang berdiri satu atap dengan kantor DPMPTSP Kabupaten Jayapura yang berada di lantai satu.

Di lantai dua, terdapat ruang kerja Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura Theopilus H. Tegai dan beberapa Kepala Bidang dan Kepala Seksi maupun Kepala Bagian.

“Kemudian saat ini juga kita sudah bergerak untuk mengumpulkan saksi-saksi, guna menemukan akibat atau penyebab dari kebakaran tersebut. Jadi untuk bangunan yang kena ini yang berada di lantai dua, kalau lantai satu itu aman ya. Semua bangunan yang ada di lantai dua habis, dari pengamatan kita lihat lantai dua itu habis semua dan kalau yang di bawah atau lantai satu ini kita bisa lokalisir,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Kapolres Mimika ini.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui apa yang terbakar dan juga penyebab kebakarannya.

Begitupun juga, petugas pemadam kebakaran bersama aparat kepolisian dan dibantu warga sekitar masih berupaya memadamkan api hingga pukul 01.30 WIT.

Untuk diketahui, dalam peristiwa kebakaran ini Polres Jayapura mengerahkan 2 unit Water Cannon, dibantu pemadam kebakaran Bandara Sentani dengan mengerahkan 3 unit mobil Damkar dan satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Jayapura. (Nesta)